Menu

Dampaknya Gak Main-main, Ini 4 Efek Buruk Jika Beauty Sering Cabut Bulu Ketiak, Nomor Empat Berbahaya Banget, Stop Ya!

09 Desember 2022 23:46 WIB

Ketiak (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak sedikit wanita yang merasa tidak percaya diri jika tumbuh rambut di area ketiak. Tak hanya mengganggu penampilan, memiliki bulu berlebih pada area tersebut juga dipandang sebagai orang yang tidak bersih.

Padahal, bulu ketiak berfungsi untuk melindungi kulit dari kotoran, bakteri, hingga racun yang bisa masuk ke dalam tubuh lho Moms. Seorang Dokter Kulit, Ledy M Biomed mengungkapkan bahwa bulu ketiak memiliki fungsi untuk melindungi tubuh.

Nah, berikut ini beberapa masalah kesehatan yang bisa dialami ketika kamu sering mencabut bulu ketiak, antara lain:

1. Terkana folikulitis

Bulu ketiak yang terlalu sering dicabut akan menyebabkan folikulitis. Hal ini menyebabkan kulit mengalami peradangan berupa titik-titik kecil putih yang menggembung dan berisi darah yang mati. Folikulitis akan memberikan sensasi nyeri, gatal, dan tidak nyaman.

2. Hiperpigmentasi

Memiliki kebiasaan mencabut bulu ketiak memiliki efek samping berupa hiperpigmentasi atau pengelapan kulit. Akibatnya kulit ketiak akan menjadi lebih hitam daripada area sekitarnya.

3. Iritasi

Mencabut bulu ketiak dari akarnya menjadi salah satu hal yang memicu iritasi. Rasa sakit, kulit kemerahan dan tidak nyaman akan menjadi luka yang tak kasat mata. Tak hanya itu, ketiak juga akan mengalami infeksi karena rasa sakit tersebut.

4. Kanker payudara

Terakhir, memiliki kebiasaan mencabut bulu ketiak bisa memicu risiko munculnya kanker payudara. Hal ini disebabkan karena bulu bulu ketiak yang dicabuti membuat racun dan mengendap di bagian payudara tubuh.

Maka, kondisi tersebut membuat kemungkinan munculnya kanker payudara.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan