Menu

Dear Ibu Bekerja, 5 Cara Ini Ampuh Hilangkan Stres dari Jam Kerja yang Melelahkan, Catat Ya!

27 November 2020 10:10 WIB

Ilustrasi ibu bekerja (MuslimahDaily/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Entah bekerja di kantor atau di rumah, jam kerja yang intens dapat melelahkan bagi pikiran dan juga tubuh. Stres kerja dan kelelahan merupakan salah satu masalah dan tantangan utama yang dihadapi di setiap lini profesi. Meski dinilai hal yang umum, tetapi sulit juga untuk mengatasinya.

Enggak semua orang mampu mengatasi tekanan dan kecemaan terkait pekerjaan yang diembannya. Namun, cara ini dnilai ampuh untuk menghilangkan stres dari jam kerja yang melelahkan. Menyadur dari laman Times of India, Jumat (27/11/2020), berikut lima di antaranya.

Pergi ke alam

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk menghilangkan stres ialah melepaskan diri dari pekerjaan yang menyebabkan kelelahan tersebut.

Menjadi pilihan tepat untuk mengambil istirahat dengan memanjakan diri dalam kegiatan di luar ruangan. Berjalan-jalan sambil mencari udara segar seperti ke taman, bisa memulihkan kesehatan fisik dan juga mental.

Berkomunikasi dengan keluarga

Meskipun kamu selalu sibuk di tempat kerja, tapi sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga. Jangan segan pula untuk menceritakan semua keluh-kesahmu di tempat bekerja kepada mereka. 

Habiskan lebih banyak waktu dengan mereka. Lagi pula, pada akhirnya, keluarga adalah orang yang selalu mendukung dan membantumu melewati setiap kesulitan.

Pergi ke luar dengan teman

Ibu bekerja, kamu juga bisa memanfaatkan waktu bersama teman untuk membantumu menghilangkan stres. Ketika kamu merasa sangat lelah setelah bekerja seharian, kamu bisa mengajak teman untuk bertemu, walau hanya sekadar makan malam bersama.

Dengarkan musik favorit

Musik adalah suatu hal yang menyenangkan yang dapat mengubah suasana hati. Musik enggak cuma meningkatkan panca indramu, tetapi juga membawamu ke dalam diri. 

Ibu bekerja, saat kamu merasa lelah dengan pekerjaan, cobalah dengarkan musik yang membuat gairah semangatmu kembali bangkit.

Makan makanan yang sehat

Terkadang, stres dan kelelahan akibat kerja cenderung membuatmu kehilangan nafsu makan, bukan? Hilangnya nafsu makan akan mempengaruhi pikiran dan juga tubuhmu.

Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi makanan sehat dan mungkin memasak makanan kesukaan sendiri yang dapat mengalihkan pikiranmu dari pekerjaan.

Semoga bermanfaat!