Menu

Lee Seung Gi Akhirnya Angkat Bicara untuk Pertama Kalinya Soal Konfliknya dengan Hook Entertainment: Saya Menjadi Sangat Tertekan

16 Desember 2022 15:00 WIB

Lee Seung Gi (Instagram/@leeseunggi.official)

HerStory, Jakarta —

Penyanyi sekaligus aktor asal Korea Selatan, Lee Seung Gi akhirnya angkat bicara untuk pertama kalinya dalam lebih dari 28 hari, sejak ia pertama kali mengajukan permintaan hukum ke Hook Entertainment untuk menuntut catatan transparan dari pendapatan karirnya.

Sebelumnya pada 16 Desember, Hook Entertainment merilis pernyataan pers, mengungkapkan bahwa agensi telah membayar Lee Seung Gi total 5,4 miliar KRW (sekitar 4,1 juta USD), jumlah yang termasuk pendapatan yang belum dibayar, bunga, dll.

Agensi itu kemudian mengklaim bahwa itu telah memenuhi semua pembayaran jatuh tempo kepada artis dan bermaksud membersihkan namanya secara hukum untuk menyelesaikan sengketa pelanggaran kontrak eksklusif dengan Lee Seung Gi sesegera mungkin.

Baru-baru ini, pada Jumat (16/12/2022) Lee Seung Gi memutuskan untuk angkat bicara melalui postingan pertamanya di Instagram sejak September.

Berikut beberapa pernyataan Lee Seung Gi yang disampaikan lewat keterangan di unggahan Instagram terbarunya.

"Sudah lama. Halo, ini Lee Seung Gi. Saya belum benar-benar baik baru-baru ini. Saya diliputi amarah setelah mengalami pengkhianatan, saya menjadi sangat tertekan setelah menghadapi kekecewaan, saya hidup dalam kebencian, saya hidup dalam menyalahkan diri sendiri, dan emosi ini berulang dalam siklus hari demi hari.

Pagi ini, saya menerima pemberitahuan bahwa sekitar 5 miliar KRW telah disetorkan ke bank saya. Saya kira Hook Entertainment mengira saya melakukan semua ini demi uang.

Pernyataan pendapatan untuk distribusi musik adalah hal yang sangat umum di industri ini, namun saya belum pernah menerimanya sebelumnya. Dan sekarang, mereka mencoba untuk mengakhiri semua acara ini sesuka mereka, dengan judul, 'Semua penghasilan yang belum dibayar telah dibayarkan'.

Selama ini saya tidak tahu ada penghasilan dari musik saya. Yang saya dengar hanyalah bahwa saya adalah 'penyanyi minus', dan saya bertahan selama 18 tahun. Alasan mengapa saya memutuskan untuk menuntut Hook Entertainment bukan karena uang. Nilai usaha seseorang, nilai keringatnya, tidak boleh digunakan untuk memberi makan keserakahan orang lain. Saya merasa bahwa mengejar tindakan hukum adalah hal yang paling berbakti yang dapat saya lakukan.

Jadi saya dibayar 5 miliar KRW. Saya tidak tahu bagaimana jumlah ini dihitung. Tapi saya tidak bermaksud menerima metode perhitungan Hook Entertainment tanpa pertanyaan. Jadi saya berniat untuk melanjutkan gugatan saya. Saya curiga ini akan menjadi perselisihan yang melelahkan, dan kepada publik yang harus menyaksikannya terungkap dan menanggung kelelahan, saya mohon maaf sebelumnya.

Aku bisa menjanjikan satu hal hari ini. Saya akan menyumbangkan setiap sedikit uang yang saya dapatkan dari Hook Entertainment selama proses ini. Pertama, dimulai dengan 5 miliar KRW yang saya terima hari ini, di luar biaya yang diperlukan untuk gugatan, saya akan mengembalikan jumlah yang tersisa ke masyarakat kita. Ini bukan sesuatu yang saya putuskan dalam semalam. Saat saya memutuskan untuk melawan Hook, saya memutuskan bahwa saya akan memberikan uang ini kepada mereka yang membutuhkan.

Karena saya hidup begitu lama tanpa mengetahui bahwa saya menghasilkan uang sebagai musisi, jumlah yang saya terima hari ini sangat berharga bagi saya. Itu adalah keringat dan usaha yang saya curahkan di usia remaja, dua puluhan, tiga puluhan. Tetapi jika uang ini dapat digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan, saya pikir itu sendiri akan bernilai lebih dari sekadar 5 miliar KRW.

Minggu depan, saya bermaksud bertemu dengan organisasi kemanusiaan untuk menyusun rencana. Ada orang yang bahkan tidak bisa menjalani kehidupan sehari-hari karena sakit. Ada orang yang melepaskan impiannya karena kesulitan keuangan. Ada juga orang yang tidak mendapat perawatan medis yang layak bahkan ketika nyawa mereka dalam bahaya. Mungkin KRW 5 miliar ini tidak cukup untuk membantu semua orang itu. Tapi itu bisa menjadi satu langkah kecil menuju sesuatu.

Last but not least, saat saya menjalani semua peristiwa ini, begitu banyak orang memberi saya semangat. Anda marah pada saya, dan Anda menghibur saya, dan saya mendapatkan kekuatan besar dari dukungan Anda. Terima kasih telah memberi tahu saya sekali lagi bahwa saya dicintai. Untuk mengembalikan cinta itu dengan cara apa pun yang saya bisa, saya akan berikan kembali kepada masyarakat.

Saya berharap liburan Anda hangat dan bahagia, dan saya berjanji kepada Anda bahwa saya akan terus berjalan di jalan saya dengan sungguh-sungguh." jelas Lee Seung Gi, lewat tulisan pada keterangan di unggahan akun Instagramnya, dikutip HerStory, pada Jumat (16/12/2022).

Sebagaimana diketahui, Lee Seung Gi dikabarkan telah menjadi korban manipulasi oleh agensinya Hook Entertainment, lantaran profesinya sebagai penyanyi selama belasan tahun tak dibayarkan, bahkan sempat bocor beredar perbincangan CEO Hook Entertainment nekat mengancam akan membunuhnya.

Share Artikel:

Oleh: Yolanda Bonnita

Artikel Pilihan