Menu

Bisa Cegah Radikal Bebas hingga Tingkatkan Imun! Berikut Sederet Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

27 November 2020 20:00 WIB

Buah naga. (Pixabay/Fathima Shanas)

HerStory, Bogor —

Buah Naga atau dragonfruit merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi. Jika rutin mengkonsumsinya, kamu akan merasakan sederet manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulitmu.

Dragonfruit merupakan buah yang rendah kalori, kaya vitamin dan antioksidan, dan rendah kolesterol. Mengutip dari laman cosmopolitan, Jumat (27/11/2020) berikut sederet manfaatnya.

1. Melancarkan pencernaan

Ingin buah yang dapat menyehatkan saluran pencernaan? Mengonsumsi suplemen saja tak cukup, karena tubuhmu membutuhkan serat dari makanan sehat. Selain kaya akan fiber dan prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, daging dan biji dari buah naga juga mengandung protein baik untuk tubuhmu.

2. Mencegah radikal bebas

Buah naga mengandung banyak antioksidan termasuk vitamin C, carotenoid, serta betalain yang dapat menetralisir radikal bebas dan mencegah kerusakan sel serta inflamasi. Berbagai studi juga membuktikan bahwa antioksidan juga dapat mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, serta kanker.

3. Menangkal diabetes

Kandung serat dalam buah naga dapat membantu penderita diabetes dengan menstabilkan tingkat gula darah. Daripada menyantap sereal bergula untuk sarapan, ada baiknya memulai hari dengan buah naga yang rendah kolesterol agar tubuhmu dapat mencernanya dengan baik.

4. Meningkatkan sistem imun

Ingin melindungi tubuh dari virus serta infeksi? Kamu perlu meningkatkan sistem imun tubuh, dan salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi buah naga. Vitamin C dan carotenoid dalam buah naga akan mencegah radikal bebas serta melindungi sel darah putih dari kerusakan, dan hal tersebut akan meningkatkan sistem imun dan mencegah infeksi.

5. Mengatasi sunburn

Kulit terbakar akibat berjemur terlalu lama? Buah naga kaya akan vitamin B3 yang berguna untuk mengatasi kulit merah, gatal-gatal, hingga inflamasi yang diakibatkan oleh sinar UV. Berikut 7 cara lainnya untuk mengatasi kulit terbakan akibat sinar matahari.

6. Menjaga kecantikan kulit

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan antioksidan ini sangat berguna untuk mengatasi kulit berjerawat dan kusam. Bahkan, antioksidan dalam buah ini dapat menjaga kekencangan kulit dan mencegah penuaan dini! Kamu dapat membuat masker alami dari buah ini.

Artikel Pilihan