Menu

Tokcer, Ini 3 Cara Turunkan Gula Darah Tinggi di Pagi Hari, Wajib Dicoba Moms!

20 Desember 2022 23:55 WIB

Alat pengukur kadar gula darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Banyak orang yang ingin menurunkan kadar gula darah tinggi dengan mengonsumsi obat-obatan. Padahal, ada cara yang bisa dilakukan di pagi hari untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan di pagi hari untuk turunkan gula darah, seperti dilansir dari Very Well Health. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Batasi asupan karbohidrat di malam hari

Diet merupakan hal yang penting dalam mengelola diabetes dan karbohidrat adalah bagian penting dari diet. Tubuh mengubah 100 persen karbohidrat yang kita konsumsi menjadi glukosa.

Jadi, penderita diabetes harus menggunakan perhitungan karbohidrat untuk mengetahui berapa banyak yang harus dikonsumsi. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lonjakan gula darah di pagi hari, kamu harus membatasi asupan karbohidrat pada malam hari sebelumnya. Pada malam hari, kamu bisa konsumsi camilan tinggi serat dan rendah lemak, seperti buah dan sayur, yogurt, popcorn bebas lemak, telur rebus, dan lainnya.

2. Perhatikan asupan lemak

Lemak sehat merupakan bagian penting dari diet. Mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein baiik untuk penderita diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan untuk memasukkan lebih banyak lemak tak jenuh atau lemak trans dalam dietmu.

Lemak tak jenuh, seperti alpukat, kacang-kacangan, minyak canola, biji chia, selai kacang, ikan salmon, ikan tuna, dan lainnya. Sementara itu, lemak trans meliputi lemak babi, saus krim, daging giling, makanan olahan, produk susu tinggi lemak, dan lain-lain.

3. Olahraga

Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan senstivitas insulin yang memungkinkan tubuh menggunakan insulin dan glukosa lebih efektif. Beberapa olahraga terbaik untuk menghindari lonjakan gula darah pada pagi hari, di antaranya berjalan, yoga, renang, dan tai chi.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah di pagi hari. Mau coba?.

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Artikel Pilihan