Menu

Perjuangan Nagita Slavina Ketika Menyusui Rafathar, ASI Sedikit sampai Iritasi

02 Desember 2020 11:45 WIB

Nagita Slavina dan Rafathar (Instagram/merryraffiahmad)

HerStory, Bandung —

Perjuangan yang dialami wanita ketika hamil dan menyusui memang berbeda-beda. Bagi Nagita Slavina, perjuangan terberat ketika menjadi seorang ibu ia alami ketika menyusui. 

Dikutip dari video yang diunggah akun YouTube The Sungkars Family, Nagita Slavina mengatakan kalau menyusui adalah hal yang menyakitkan.

Wanita yang akrab disapa Gigi ini bercerita pengalaman pertamanya menyusui Rafathar Malik Ahmad. Saat Rafathar baru lahir, Nagita khawatir karena berat badan Rafathar tidak naik. Ternyata hal ini dikarenakan ASI-nya tidak keluar banyak.

"Waktu itu Rafathar kontrol pertama ke dokter anak, abis keluar dari rumah sakit ternyata beratnya nggak naik, gitu. Padahal nyusu terus, berarti kan ASI-nya emang nggak ada, nggak keluar," tutur Nagita. 

Untuk mengatasinya, Nagita melewati masa stimulasi agar proses menyusuinya tetap lancar dan ASI-nya melimpah.

Menurut dokter yang ditemui Nagita, ASI akan banyak keluar ketika mendapat rangsangan. Bagi ibu yang melahirkan anak pertama seperti Nagita, jaringan payudara belum banyak yang terbuka sehingga produksi ASI bisa tersendat.

Selain produksi ASI yang sedikit, Nagita juga mengalami iritasi saat menyusui. Ia mengaku sering memanggil bidan untuk datang ke rumah dan mengobatinya.

Pada masa sulit itu, Nagita kemudian menyesal karena saat kehamilan tak mendoakan untuk dimudahkan saat proses menyusui. Padahal, menurut Nagita Slavina, doa pada masa kehamilannya semua terkabul.