Menu

Beauty Wajib tahu, Ini Sederet Penyebab dan Tanda-tanda Bibir Miss V Bengkak yang Mesti Diwaspadai Wanita, Seberapa Bahaya Ya?

21 Februari 2023 19:45 WIB

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Beauty, sebagai seorang wanita, kita perlu mengetahui hal mendasar pada bagian kewanitaan, salah satunya bibir vagina atau Miss V.

Umumnya, bibir Miss V atau labia setiap wanita memiliki ukuran yang berbeda. Namun, tanpa kita sadari, ada beberapa kasus di mana labianya membesar.

Kondisi bibir Miss V mengembang atau membesar dari ukuran semula disebut dengan hipertrofi labia.

Lantas, apa penyebab pembesaran labia? Adapun, salah satu pemicu pembesaran labia ini antara lain adalah genetik atau faktor keturunan. Faktor ini umumnya karena peristiwa hormonal saat wanita memasuki masa pubertas atau setelah melahirkan.

Kemudian, karena penuaan, terlalu sering memakai celana ketat, dan trauma berulang pada area bibir Miss V, seperti akibat jatuh dari sepeda atau terlalu sering berkuda.

Nah perlu kamu ketahui juga, Beauty, bahwa tak semua wanita yang mengalami hipertrofi labia memerlukan pengobatan atau operasi. Tindakan medis dapat direkomendasikan dokter berdasarkan gejala bibir Miss  Vmembesar yang dikeluhkan penderita.

Tanda-tanda bibir Miss V membesar

Nah Beauty, sebagian wanita dengan hipertrofi labia tak mengalami gejala apa pun atau mengeluhkan rasa sakit akibat pembesaran bibir vagina.

Namun, ada tanda-tanda terkait hipertrofi labia yang mungkin dirasakan sebagian wanita, yaitu:

1. Iritasi labia

Iritasi bibir Miss V umumnya dikeluhkan penderita jika labia minora (bibir kecil kemaluan) menonjol keluar dari labia mayora (bibr Miss V besar).

Dilansir dari Verywell Health, kelebihan jaringan tersebut mudah teriritasi saat bergesekan dengan pembalut, celana ketat, atau baju renang. Dalam beberapa kasus, tekanan saat duduk di kursi yang keras juga memicu iritasi atau nyeri pada bibir vagina.

2. Sakit saat Berhubungan seks

Pembesaran bibir Miss V juga menyebabkan rasa sakit saat wanita melakukan hubungan seks, terutama melalui penetrasi. Gesekan antara penis dengan labia membuat wanita kesakitan dan bisa memicu luka.

3. Sulit memasang tampon

Ukuran bibir Miss V yang tiba-tiba membesar juga membuat wanita sulit memasang tampon atau menstrual cup. Beberapa wanita juga kesulitan atau kesakitan saat membersihkan sela-sela bibir Miss V.

4. Gatal-gatal

Kesulitan membersihkan alat kelamin bagian luar dapat menyebabkan perkembangbiakan bakteri dan infeksi jamur. Kondisi ini menyebabkan infeksi vagina, yang ditandai dengan gatal-gatal. Wanita yang mengalami hipertrofi labia tak selalu mengeluhkan gejala atau rasa sakit di organ intimnya.

Adapun, tanda-tanda bibir vagina membesar yang umumnya dikeluhkan wanita yaitu rasa sakit ketika berhubungan seksual hingga gatal-gatal yang dipicu bakteri dan infeksi jamur.

Sebaiknya, segera konsultasi ke dokter untuk tindakan lebih lanjut jika mengalami beberapa faktor seperti di atas, ya Beauty!

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan