Menu

5 Bahaya yang Terjadi pada Anak Jika Orang Tua Bercerai, Banyak Efek Negatifnya!

22 Februari 2023 11:25 WIB

Ilustrasi orang tua bertengkar dihadapan anaknya.(Pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Rumah tangga yang harmonis merupakan rumah tangga yang diidamkan setiap keluarga. Namun, ada kalanya rasa emosi terhadap pasangan ataupun perbedaan pandangan dan pendapat dalam berumah tangga membuat masing-masing pasangan merasa lelah.

Inipun menyebabkan mereka memutuskan untuk mengambil jalur lain, yakni berpisah atau bercerai. Sebagai jalan terakhir yang bisa dilakukan, perceraian tentu memiliki berbagai dampak. Tak hanya pada kedua pasangan melainkan juga pada anak.

Oleh karena itu, pasangan suami istri harus mengetahui berbagai dampak negatif yang akan diterima anak ketika orang tuanya bercerai. Yuk, simak beberapa bahayanya berikut ini!

1. Menimbulkan stres, cemas, dan trauma

Perceraian dipastikan menimbulkan trauma yang mendalam bagi anak, terutama jika usianya sudah cukup matang untuk mengamati situasi yang terjadi pada orangtuanya.

Anak bisa mengalami stres, merasa terabaikan, merasa tidak dicintai, kecemasan yang berlebih, dan efek psikologis lain yang mungkin akan terjadi dalam waktu yang lama.

2. Menurunnya prestasi belajar

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa anak-anak korban perceraian cenderung bermasalah dalam perilaku yang berpengaruh pada menurunnya fokus belajar dan nilai-nilai akademik di sekolah.

Jika sebelumnya seorang anak bisa meraih prestasi di sekolah, bisa saja ketika orangtuanya berpisah, situasi berubah dan ia menjadi kehilangan motivasi belajar dan membuat prestasinya menurun. 

3. Mudah terpengaruh hal negatif

Perceraian juga menyebabkan anak yang beranjak remaja mudah terpengaruh oleh hal-hal buruk yang ditemuinya dalam pergaulan. Seperti merokok, minum alkohol, dan narkoba.

Hal ini bisa disebabkan karena anak merasa tidak lagi diperhatikan oleh orangtuanya yang sibuk dengan masalah rumah tangga mereka. 

4. Merasa rendah diri

Efek perceraian berikutnya ialah bisa membuat anak sulit bersosialisasi. Anak akan merasa malu, rendah diri dan iri pada teman-temannya yang masih memiliki keluarga yang utuh.

5. Melakukan seks bebas

Hilangnya kasih sayang yang utuh dari kedua orangtua membuat anak berpotensi melakukan seks bebas saat ia mulai berpacaran dengan lawan jenisnya.

Hal ini bisa terjadi karena ia merasa tidak ada yang memperatikan sekaligus ebagai bentuk protes dan kekecewaan atas perceraian orang tuanya.

Itulah 5 dampak negatif yang bisa terjadi pada anak jika orang tua bercerai. Segera dipikirkan dan ambil jalan terbaik ya Moms!

Artikel Pilihan