Menu

7 Rekomendasi MPASI Instan yang Enak untuk Si Kecil, Dijamin Aman Moms!

23 Februari 2023 07:50 WIB

Ilustrasi Anak Makan MPASI (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms ketika anak sudah memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya berikan MPASI karena pada momen ini ASI sudah tak lagi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Meski begitu, ketika masuk tahap MPASI, selalu ada saja perdebatan terkait MPASI instan atau MPASI rumahan yang sebaiknya dikonsumsi untuk anak.

MPASI Rumahan VS MPASI Terfortifikasi

Mengenai pilihan jenis MPASI yang akan diberikan, sebenarnya amankah mpasi instan untuk bayi? Tenang saja ya, sebab baik MPASI rumahan atau MPASI instan terfortifikasi, keduanya sama baiknya untuk bayi.

Namun, saat kita membuat MPASI sendiri di rumah, kita kerap kesulitan menakar jumlah bahan makanan untuk memenuhi zat gizi bayi. Termasuk kesulitan untuk menakar jumlah zat besi, protein, karbohidrat, atau lemak harian yang dianjurkan untuk bayi. Akhirnya gizi yang diberikan ke anak pun, tidak lengkap dan seimbang.

Nah untuk menyiasatinya, hadirlah MPASI pabrikan/fortifikasi ini, yang bisa membantu para Moms menyajikan makanan untuk bayi dengan gizi lengkap dan seimbang. Sebab, MPASI pabrikan biasanya sudah difortifikasi (ditambah) dengan berbagai zat gizi penting untuk bayi.

Amankah MPASI instan untuk bayi? Moms tidak perlu khawatir, karena produk-produknya juga sudah sesuai stMomsr WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia, serta tidak mengandung pengawet atau bahan lain yang berbahaya untuk bayi.

Kendati begitu, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai contoh, MPASI instan untuk bayi akan sangat membantu Moms saat bepergian karena lebih praktis. Terlebih, sekarang sudah banyak produk MPASI instan yang beredar di pasaran dengan ragam rasa dan harga terbaik.

Cara Memilih Merk Bubur Bayi Instan yang Paling Bagus

Dalam memilih merk bubur bayi instan yang terbaik dan paling bagus, ada beberapa kriteria yang sebaiknya diperhatikan, mulai dari bentuk, tekstur, rasa, serta keamanan produk untuk bayi.

1. Pilih Berdasarkan Kemasan dan Bentuk

Produk bubur bayi tersedia dalam berbagai bentuk dan kemasan, seperti tipe jar, tipe bubuk, bahkan tipe kemasan pouch. Kemasan plastik atau jar efektif menjadi penolong saat akan bepergian.

Umumnya, saat pergi Moms akan kesulitan menemukan tempat untuk mencuci wadah makanan sehingga kemasan satu ini akan membantu. Ada juga bubur bayi berbentuk bubuk yang sangat praktis, cukup mencampurnya dengan air panas dan makanan bisa langsung dinikmati.

2. Cobalah Bubur dengan Kandungan Nasi Lebih Dulu

Ketika bayi Moms baru mulai mencoba makanan padat, ada baiknya jika Moms memulainya dengan memberikan nasi saja tanpa campuran apa pun. Seiring berkembangnya usia, Moms bisa tambahkan varian rasa dan topping untuk mengetahui makanan yang disukai bayi.

3. Utamakan Produk Lokal

Di pasaran, ada dua jenis produk bubur bayi instan yaitu produk lokal dan produk impor. Moms sebaiknya mengutamakan produk lokal, mengingat kandungannya tercantum dengan jelas dan sudah familiar dengan lidah orang Indonesia.

7 Daftar MPASI Instan Terbaik untuk Bayi dengan Rasa Lezat

Tak ada salahnya menjadikan MPASI instan sebagai selingan pemberian makanan pada bayi, asalkan Moms memilihnya dengan cermat. Berikut ini referensi MPASI instan untuk bayi 6 bulan dan 1 tahun terbaik yang telah kami kumpulkan, Moms!

1. Yummy Bites Cereal

Mengapa memilih produk ini?

Moms ingin memberikan bubur bayi dengan rasa pasta yang lezat pada si kecil? Yummy Bites Cereal bisa menjadi jawabannya. Produk dari Inggris yang diimpor oleh PT Leon Boga Sentosa ini merupakan MPASI Instan untuk bayi 6 bulan yang cukup unik karena pilihan rasa yang tidak biasa, yaitu manis dan gurih.

Untuk varian manis Moms bisa mencoba MPASI instan dengan rasa kurma, yogurt berries, dan apel. Jika si kecil lebih menyukai rasa gurih, bisa coba rasa labu, wortel, jagung manis dan keju atau kembang kol, brokoli dan keju.

Nah, bagi bayi yang usianya sudah lebih dari 7 bulan, Moms boleh mencoba memberikan varian tropical fruit delight dan cheesy veg with pasta. Selanjutnya, MPASI instan untuk bayi 1 tahun ada varian strawberry, raspberry, dan blueberry muesli.

Telah hadir sejak 2015, dengan berbagai inovasi makanan utama dan selingan bagi si kecil; secara konsisten menghadirkan produk dengan kualitas terbaik, berbahan dasar alami, organik dan tanpa pengawet. MPASI Instan untuk bayi 6 bulan ini tidak hanya memiliki sertifikat HACCP(Hazard Analysis and Critical Control Points), BRC (British Retail Consortium), dan telah lulus dari sertifikasi stMomsr internasional hingga menjamin kontrol kualitas untuk kebersihan serta keamanan produk. Bubur bayi ini mengandung pasta dan keju sehingga akan terasa gurih di lidah anak.

Detail produk:

  • Berat bersih: 100 gram.
  • Mengandung wortel, tomat, dan tepung jagung yang tidak hanya membuat produk ini makin bergizi, tetapi juga mudah dicerna. Mengandung tepung gandum seminola dan tepung jagung yang berasal dari pasta.
  • Kaya akan kandungan zat besi yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan anak. Ditambah dengan kandungan vitamin, mineral, serta kalsium, produk ini mampu mendukung pertumbuhan si kecil.
  • Komposisi: Tepung beras, tepung jagung, sayuran (tomat & wortel), bubuk susu skim, pasta, keju, minyak kelapa sawit, protein susu, zink sulfat, zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin.
  • Hanya menggunakan bahan-bahan natural (GMO Free).
  • Tidak mengandung kacang-kacangan, minyak ikan dan telur, juga tanpa gula tambahan.

2. Promina Bubur Tim Bayi 8 Bulan+

Mengapa memilih produk ini?

Moms, pasti sudah akrab dengan Promina yang telah lama berdiri sebagai merek bubur MPASI bayi yang terpercaya. Dengan formula EmPAT TePAT di mana tekstur, nutrisi dan pilihan rasa setiap produknya disesuaikan dengan setiap kebutuhan bayi dan anak. Merek MPASI Instan ini juga menggunakan teknologi pengeringan terdepan, membuat semua produk Promina diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet.

Menginjak usia 8 bulan, bayi memerlukan asupan yang memiliki tekstur agak kasar, dengan tujuan untuk menstimulasi kemampuan si kecil dalam mengunyah. Dengan tekstur semacam itu, disaat bersamaan giginya juga dirangsang untuk tumbuh lo, Moms!

Jadi jangan takut dan ragu ya, berikan MPASI Instan ini jika buah hati sudah siap. Salah satu tandanya, adalah si kecil jadi lebih suka menggigit sesuatu; dan tidak langsung menelan makanan yang masuk ke mulut. Produk ini menjadi pilihan tepat untuk dibawa berpergian, karena tiap “porsi" makanan telah dipisah ke dalam sachet kecil (dalam kemasan 100 gram, ada 4 sachet @ 25 gram).

Detail produk:

  • Memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi, mudah dicerna, dan dilengkapi nutrisi dan vitamin penting untuk bayi.
  • Diperkaya Omega 3 dan Omega 6 (membantu perkembangan sel-sel otak bayi)
  • Kandungan Prebiotik FOS (membantu fungsi saluran cerna dan melindungi bayi dari penyakit) dan Zat Besi (2.49mg/saji).
  • Tinggi protein dengan 11 vitamin dan 5 mineral.
  • Dianjurkan untuk bayi berusia 8 bulan ke atas.
  • Terlengkap dalam pilihan rasa untuk melatih bayi dalam praktek menerima kombinasi rasa agar tidak menjadi “picky eater" di kemudian hari. Tersedia varian rasa daging dan brokoli, ati ayam kampung, ayam kampung kacang polong, tim salmon Norwegia, ayam kampung tomat wortel, ikan bilis bayam wortel.
  • Diproduksi secara higienis tanpa zat pewarna dan perasa tambahan.

3. Nestle Cerelac Beras Merah

Mengapa memilih produk ini?

Memulai masa MPASI harus dengan cara yang tepat. NESTLE Cerelac bisa menjadi jawaban atas kekhawatiran Moms yang menginginkan MPASI instan untuk bayi 6 bulan, karena bubur ini memiliki kandungan gizi yang lengkap dengan rasa beras merah susu yang dapat membantu si kecil makan dengan lahap.

Keunggulan dari produk ini adalah rasanya yang gurih dan tanpa pengawet, juga kandungan positif berupa zat besi yang tinggi (menurut kemasan, sebanyak 65 persen). Seperti yang Moms tahu, bahwa di usia ini, zat besi menjadi penting bagi si kecil; terutama untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan minyak ikan sebagai sumber dari omega-6 dan DHA, untuk menunjang kecerdasan otak dan juga kesehatan mata si kecil. Oh iya, produk ini juga sudah mengandung susu ya, Moms! Terdapat juga varian MPASI instan lainnya dari Nestle Cerelac yang bisa disesuaikan dengan selera anak.

Detail produk:

  1. Sudah terdaftar di BPOM dan memiliki logo/label halal pada kemasan.
  2. Berat bersih: 120 gram.
  3. Nestle Cerelac menggunakan karbohidrat yang sudah dihidrolisis dengan enzim atau CHE(Cereal Hydrolized Enzimatically), membuat kekentalan bubur menjadi berkurang sehingga MPASI instan menjadi lebih mudah dicerna.
  4. Mengandung zat besi, zinc, vitamin A, dan Vitamin C yang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya.
  5. Petunjuk penyimpanan: Jangan menyimpan porsi bubur yang belum selesai. Tutup kemasan dengan rapat setelah penggunaan, dan simpan di tempat yang sejuk dan kering atau tempatkan dalam wadah kedap udara. Setelah dibuka, hanya gunakan isi kemasan dalam waktu satu bulan dan perhatikan juga tanggal kadaluwarsa.

4. SUN Bubur Sereal Susu

Mengapa memilih produk ini?

Agar si kecil lebih gampang beradaptasi dengan makanan yang masuk ke mulut, Moms bisa memberikan SUN Bubur Sereal Susu ini sebagai salah satu MPASI instan untuk bayi 6 bulan. Kini dengan teknologi ESENUTRI, produk yang telah menjadi pilihan ibu selama bertahun-tahun ini diperkaya dengan kandungan zat besi yang setara dengan 70 persen kebutuhan anak usia 6-11 bulan dan 60 persen kebutuhan anak 12-24 bulan.

Dilengkapi dengan 11 vitamin dan 6 mineral yang bisa membantu memenuhi nutrisi si kecil juga, Moms! Keunggulan bubur bayi instan ini yaitu menstimulasi perkembangan otak, membantu pembuatan sel darah merah, serta untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang mudah dicerna buah hati.

Detail produk:

  • Isi kemasan: 120 gram.
  • Mengandung zat gizi makro dan mikro yang penting bagi pertumbuhan bayi: Zat besi, protein, kalsium, vitamin C, dan vitamin D.
  • Kemasan sachet yang tersedia membuatnya praktis untuk dibawa ke mana-mana, atau diberikan pada si kecil saat berada di luar rumah.
  • Harganya cukup terjangkau, dengan kualitas yang premium!
  • Petunjuk penyajian: Masukkan bubur sereal sesuai takaran pada kemasan ke dalam mangkuk bersih. Tuangkan 200 ml susu hangat/air masak hangat ke dalam mangkok. Aduk hingga rata hingga siap dihidangkan.

5. Milna Bubur Organik Kacang Hijau

Mengapa memilih produk ini?

Moms, tahukah jika hampir 95 persen bahan organik dari Milna Bubur Bayi Organik memiliki sertifikat resmi? Tidak perlu lagi ya memberikan MPASI Instan untuk bayi 6 bulan ini pada si kecil.

Merek yang satu ini memang telah menjadi sahabat ibu selama bertahun-tahun, dan kali ini memberikan inovasi sebagai bubur bayi pendamping ASI untuk usia 6 bulan keatas dengan bahan organik pertama di Indonesia, yang membuat tumbuh kembang si kecil bisa lebih optimal. Diperkaya juga dengan Omega-6 dan Omega-3 yang dapat menunjang perkembangan otak dan kecerdasan, juga kandungan serat untuk menjaga fungsi saluran cerna.

Tidak ketinggalan juga, kandungan serta kalsium, zinc, dan zat besi yang tinggi dari bahan-bahan organik pilihan. Rasanya gurih dan nikmat, membantu anak makan lahap! Jika Moms menginginkan MPASI instan untuk bayi dengan kualitas terbaik, Milna Bubur Organik ini bisa menjadi jawabannya.

Detail produk:

  • Isi kemasan: 120 gram.
  • Mengandung makronutrien (protein, karbohidrat dan lemak), serta mikronutrien (12 vitamin dan 8 mineral) yang diperlukan bayi untuk tumbuh-kembang optimalnya.
  • Terbuat dari bahan organik pilihan yang telah tersertifikasi resmi dan berkualitas tinggi.
  • Aman, diproses secara alami tanpa pestisida dan bahan pengawet sehingga bagus untuk tumbuh kembang bayi.
  • Dibuat dengan proses sterilisasi untuk menurunkan kadar air dalam produk, sehingga produk tetap steril, dan tidak memungkinkan bakteri dan mikroba untuk hidup.
  • Diperkaya Omega 3 dan 6 untuk mendukung kinerja kognitif buah hati.

6. Heinz Mum’s Own Beef & Sweet Potato Mash

Mengapa memilih produk ini?

Jika Moms mencari bubur bayi yang tidak mengandung berbagai bahan tambahan buatan dan bebas gula, ini dia solusinya! Dengan berbagai bahan premium yang telah dipilih oleh peneliti, MPASI Instan ini menjadi aman untuk bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi.

Cara penyajiannya pun sangat mudah, tinggal dimasukkan ke dalam mangkuk dari toples. Bisa Moms hangatkan dulu dengan menambahkan sedikit air panas, atau di microwave! Ingat untuk selalu memeriksa suhunya sebelum disajikan ya, Moms!

Detail produk:

  • Bisa diberikan kepada bayi mulai usia 4 bulan ke atas.
  • Terbuat dari 100 persen bahan alami. Dibuat secara khusus tanpa mengandung bahan adiktif berupa perasa, pewarna, atau pengawet buatan sehingga makin aman dikonsumsi anak.
  • Rekomendasi penggunaan: setelah dibuka, makanan yang tidak dipanaskan atau tertinggal di toples dapat disimpan di dalam lemari es.
  • Kombinasi daging dan kentang dari bubur ini merupakan sumber energi yang baik bagi si Kecil.
  • Komposisi: [Sayuran (54 persen), tomat (28 persen), ubi (12 persen), wortel (12 persen), bawang (2 persen), nasi (25 persen), air, daging (10 persen)], extra virgin olive oil.

7. Nayz Bubur Tematik Elhappy Tummy Rasa Tuna

Mengapa memilih produk ini?

Produk lainnya yang memiliki klaim organik adalah bubur Tematik dari Nayz. Merek yang satu ini menyediakan MPASI Homemade pertama di Indonesia yang berbahan dasar beras organik, juga diperkaya campuran sayuran hijau seperti brokoli, wortel, buncis, dll sebagai protein nabati dan ikan, ayam, sapi sebagai protein alami. Nayz tumbuh bersama Moms, memberdayakan bahan organik dari petani lokal dan banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas gizi anak di Indonesia. Keren sekali ya, Moms!

MPASI instan untuk bayi 1 tahun adalah ini cocok digunakan sehari-hari di rumah, karena membutuhkan proses pemasakan dalam penyajiannya. Moms bisa menggunakan slow cooker (4-6 jam) ataupun rice cooker (45 menit) ya!

Produk ini bisa membantu menambah nafsu makan si kecil, menaikkan berat badan, melancarkan pencernaan, juga menambah kecerdasan. Dengan kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk perkembangan otak, dan menjaga imunitas si kecil di usia aktifnya! Bubur tematik dari Nayz ini memiliki tekstur yang agak kasar, sehingga lebih direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil dengan usia di atas 8 bulan.

Detail produk:

  • Terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan diproses dengan memenuhi stMomsr GMP (Good Manufacturing Practice).
  • Menggunakan beras organik yang ditanam tanpa pupuk kimia dan tanpa pestisida.
  • Praktis karena isi sudah lengkap dengan bahan lainnya seperti protein hewani, protein nabati, dan vitamin.
  • Komposisi: beras organik, ikan tuna, kacang merah organik, wortel organik, tomat organik, bawang putih, inulin (prebiotik).
  • Cara Pengolahan: Masukkan seluruh bahan ke slow cooker (tanpa dicuci), tambahkan air 2,5 liter, masak 4-6 jam. Takaran air nasi tim: 1,25 sampai dengan 1,5 liter.

Itulah beberapa rekomendasi MPASI instan untuk bayi. Selamat memilih MPASI terbaik untuk si kecil!

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Ida Umy Rasyidah