Menu

Jangan Salah Bedain Lagi Moms, Ini 5 Rekomendasi Wajan untuk Masak dan Fungsinya, Wajib Ada di Rumah Nih!

23 Februari 2023 08:10 WIB

ilustrasi wajan keramik.(SHUTTERSTOCK/Elena Hramova)

HerStory, Jakarta —

Moms, wajan merupakan salah satu peralatan masak yang selalu ada di dapur. Ternyata ada berbagai jenis wajan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, lho.

Beberapa orang mungkin menggunakan satu jenis wajan untuk semua metode memasak. Nyatanya, wajan yang berbeda memiliki kegunaan yang beda pula, Moms.

Nah, kira-kira apa saja jenis wajan dan bagaimana kegunaannya, ya? Yuk, simak rekomendasi wajan berdasarkan fungsinya yang sudah HerStory sajikan dalam artikel berikut ini, Moms.

1. Frypan

Wajan pertama merupakan frypan yang berfungsi untuk menggoreng. Alat masak yang satu ini berbentuk datar dengan bahan teflon yang anti-lengket.

Karena sifatnya yang gak mudah membuat masakan lengket, maka Moms cukup menggunakan sedikit minyak untuk memasak. Inilah yang membuat frypan banyak digemari untuk menggoreng.

2. Wajan dengan pelapis keramik

Selanjutnya, ada wajan yang dilapisi dengan keramik. Wajan yang satu ini terbuat dari bahan dasar logam dan keramik sehingga tampilannya lebih elegan.

Wajan yang satu ini dinilai bagus dan sehat sebab bahan keramik gak akan menghasilkan zat berbahaya saat Moms memasak makanan. Jika ingin masakan lebih sehat, maka ini waktunya Moms ganti wajan menjadi yang berbahan keramik ini.

3. Wajan pemanggang

Moms, ternyata ada wajan yang dikhususkan untuk memanggang masakan. Wajan pemanggang atau grill pan ini memiliki bentuk unik di permukaannya, yaitu terdapat lapisan bergerigi.

Gerisi pada dasar wajan akan memastikan masakan merata sempurna dan gak perlu khawatir gosong, Moms. Selain itu, ada bentuk seperti garis di permukaan makanan setelah dipanggang.

4. Wok pan

Nah, berbeda dengan wajan sebelumnya yang hanya memiliki satu pegangan, wok pan memiliki dua gagang yang berhadapan. Wajan yang satu ini berbentuk cekung sehingga memudahkan untuk memasak makanan tertentu.

Wok pan cocok digunakan untuk menggoreng makanan dengan metode deep fried atau digoreng menggunakan banyak minyak. Seluruh makanan akan terendam minyak sehingga matangnya merata.

5. Wajan kotak penggoreng telur

Selanjutnya, ada wajan unik berbentuk seperti kotak. Biasanya wajak ini digunakan untuk menggoreng telur agar bentuknya lebih cantik.

Moms mungkin biasa melihat bentuk wajah ini di serial Korea Selatan. Banyak yang menggunakannya khusus untuk menggoreng telur agar bentuknya rata dan mudah digulung.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi wajan sesuai dengan fungsinya. Moms, butuh wajan jenis apa nih?