Menu

Moms, Boleh Gak Sih Ibu Hamil Makan Bihun? Yuk Simak Baik-baik Jawabannya!

23 Februari 2023 20:41 WIB

Ibu hamil. (Freepik/senivpetro)

HerStory, Jakarta —

Moms, saat sedang hamil pasti kamu sering kali dihadapkan dengan berbagai pantangan makanan yang cukup merepotkan. Gak boleh makan ini itu, bahkan makanan kesuakan moms pun harus di tahan.

Pasti moms di rumah juga sering bertanya-tanya terkait makanan tertentu yang boleh di makan atau tidak saat dengan hamil. Seperti, apakah boleh ibu hamil makan bihun?

Untuk ibu hamil boleh saja makan bihun kok, moms. Bihun merupakan salah satu pilihan makanan sehat yang baik dikonsumsi. Namun, pastikan bihun yang moms makan sudah dimasak dengan baik sebelumnya, ya.

Selain itu, bihun juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat dengan bahan makanan lainnya yang kaya serat dan protein untuk membantu memenuhi kecukupan nutrisi selama hamil. 

Bihun juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, yang dapat membantu ibu hamil mencapai pola makan seimbang dan bergizi.

Makan bihun dapat memberi Ibu hamil lebih banyak energi, pencernaan yang lebih baik, dan bahkan mengurangi tingkat stres.

Gak cuma itu aja moms, bihun juga mengandung folat, zat besi, dan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan tumbuh kembang bayi.

Namun dengan catatatan, untuk mendapatkan manfaat nutrisi maksimal dari bihun, moms harus mengolahnya dengan bahan sehat lainnya seperti sayuran, protein tanpa lemak, dan lemak sehat.

Nah, selain itu apa saja sih manfaat yang diterima dari makan bihun untuk ibu hamil? Yuk simak di bawah ini dilansir dari berbagai sumber.

1. Sumber Zat Besi

Bihun adalah sumber zat besi dan serat yang baik. Keduanya merupakan kandungan nutrisi penting untuk ibu hamil.

Zat besi membantu membentuk hemoglobin yang membawa oksigen ke bayi, sedangkan serat membantu mengatur gula darah dan menjaga pencernaan tetap teratur.

2. Membantu Mencegah Sembelit 

Bihun adalah sumber serat yang bagus. Apabila dikonsumsi tertatur dan sesuai kebutuhan, ini akan membantu mengatur pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, bihun merupakan sumber folat, yang membantu janin dan ibu selama kehamilan. Nutrisi ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

3. Rendah Kalori dan Kaya Protein

Selain itu, bihun merupakan makanan rendah kalori yang dapat membantu Bumil menjaga berat badan yang sehat. Bihun juga mengandung protein yang membantu ibu hamil membangun dan memelihara kehamilan yang sehat dan memasok energi.

Share Artikel:

Oleh: Nasibah Azzahra