Menu

Gak Kalah Enak, Ini 5 Alternatif Penyedap Pengganti MSG yang Bikin Makanan Lebih Sehat, Catat Moms!

01 Maret 2023 09:05 WIB

Kaldu Sapi (Instagram/astriayuliana)

HerStory, Jakarta —

Moms, MSG atau monosodium glutamate menjadi andalan sebagian besar orang untuk menyedapkan berbagai masakan. Namun tahukah Moms? Konsumsi MSG secara berlebih memiliki dampak negatif bagi tubuh, lho. 

Dampak negatif tersebut berupa kerusakan sel saraf, asma, obesitas, sakit kepala, hipertensi, kerusakan sel, hingga kerusakan ginjal, dan depresi. Bahkan, MSG bisa mengganggu serta menghambat kerja otak pada anak.

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan asupan harian MSG yang dapat diterima oleh tubuh manusia 0-120 mg/kg berat badan. 

Nah Moms, untuk mencegah risiko kesehatan akibat MSG, lebih baik gunakan alternatif penyedap lainnya yang lebih sehat. Berikut ini alternatif penyedap alami yang gak kalah enak dari MSG, sebagaimana dikutip HerStory, melalui Substitute Cooking, Rabu (1/3/2023).

1. Kaldu Sapi

Agar mendapatkan penyedap terbaik untuk masakan, Moms bisa membuat kaldu sendiri dengan merebus tulang dan daging sapi disertai berbagai rempah sesuai selera. 

Kaldu sapi dapat meningkatkan cita rasa umami dalam makanan, mirip dengan MSG. Sebab, baik kaldu sapi maupun MSG mengandung glutamate yang tinggi,atau suatu asam amino protein daging. 

2. Kecap

Kecap merupakan penambah rasa untuk beragam jenis makanan, mulai dari hidangan yang dimasak hingga salad. Rasa umami dari kecap membuat makanan terasa lebih enak. 

Sebab, garam memiliki kandungan garam cukup tinggi. Kecap juga mengandung glutamate alami karena melewati proses fermentasi. 

3. Keju Parmesan

Keju parmesan asli Italia bisa dibilang sangat lezat dan memiliki rasa gurih alami. Fermentasi keju ini menjadikannya alternatif yang bagus untuk pengganti MSG serta lebih sehat.

Keju parmesan cocok untuk menyedapkan hidangan khas Italia, seperti pizza atau pasta. Kendati demikian, Moms juga bisa menggunakannya ke dalam salad, omelet, bahkan sup atau semur.

4. Jamur

Jamur terbaik untuk alternatif MSG adalah jamur Shiitake. Jenis ini memiliki konsentrasi glutamat yang tinggi sehingga membuatnya lezat dan efisien dalam meningkatkan rasa masakan. 

Jamur cocok untuk tambahan masakan, seperti semur dan sup hingga salad.

5. Rempah-Rempah

Alternatif MSG yang terakhir adalah rempah-rempah. Tentunya, tak sulit menemukan berbagai jenis rempah di Indonesia.  

Moms bisa menambahkan rempah sedikit lebih banyak dari takaran pada masakan. Bawang putih, lada, dan rosemary mampu memberi cita rasa pedas dan asin ke makanan. 

Selain itu, kunyit dan jinten juga dapat menjadi alternatif MSG karena mampu memberikan rasa hangat ke dalam masakan.