Menu

Moms Udah Awal Bulan Nih... Simak Yuk Tips Menghemat Uang Belanja Biar Gak Cepet Boncos!

02 Maret 2023 16:55 WIB

Ilustrasi ibu rumah tangga sedang belanja (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Awal bulan biasanya dijadikan momen yang cukup antusias untuk para ibu rumah tangga berbelanja kebutuhan dapur dan rumah. Tak jarang pada awal bulan biasanya ibu rumah tangga diberikan uang bulanan sekaligus dari suami.

Nah pada keadaan ini, kamu sebagai ibu rumah tangga harus pintar dalam menghemat uang belanja agar gak sampai boros di awal, akhirnya malah tekor.

Dengan menghemat uang belanja memang bukan hal mudah. Meski sudah dicatat di rumah apa saja barang yang akan dibeli, namun sering kali ada banyak godaan yang terkecoh hingga membeli barang yang gak dibutuhkan.

Hal ini bisa menjadi penyebab pengeluaran kamu membengkak dan akhirnya uang belanja yang harus cukup bulanan malah hilang begitu daja.

Nah, agar hal tersebut gak terjadi. Kamu bisa ikuti beberapa tips untuk menghemat uang belanja. Simak yuk tips berikut ini dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tawar menawar 

Jika moms membeli kebutuhan dapur seperti perbawangan dan sayur-sayuran di pasar tradisional, tawar menawar harga tentunya diperlukan. Dengan negosiasi kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Buat list belanjaan

Agar gak terjadi pembengkakan pengeluaran karena membeli barang gak penting, moms bisa buat list atau daftar belanja yang ingin dibeli. Dengan cara ini bisa membantu moms apakah barang yang dibeli atas kebutuhan atau keinginan.

3. Cari harga yang murah

Agar belanja kebutuhan bisa hemat, mungkin moms bisa mencari produk yang dibutuhkan tapi dengan harga yang lebih murah. 

Misalnya moms membutuhkan sabun cuci piring, maka carilah harga sabun cuci piring dengan harga yang lebih murah dibanding merk yang biasa dipakai orang-orang. Selain harga lebih murah, lagi pula kegunaannya pun sama. 

4. Beli dalam jumlah besar

Sering kali barang itu lebih murah beli dalam jumlah besar ketimbang eceran. Cara ini bisa membantu moms untuk mengurangi pengeularan.

5. Jangan tergiur promo

Sering kali kamu tergiur oleh promo buy 1 get 1, ini bisa jadi pemicu pengeluran jadi membengkak. Tahan diri agar gak mudah tergiur dan belanja sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

6. Tentukan anggaran

Kamu bisa menentukan anggaran atau budget berbelanja bulanan. Cara ini agar pengeluaran gak berlebih dan bisa mengalokasikan uang dengan semestinya.