Menu

Membuka Handphone Suami Etis atau Nggak Ya, Moms? Simak Jawaban Psikolog

06 Maret 2023 19:20 WIB

Ilustrasi istri buka handphone suami (Sumber/iStockPhoto)

HerStory, Jakarta —

Moms pernah gak sih berada di posisi penarasan dengan isi handphone dari suami. Terkadang rasa penasaran itu membuat kita jadi ingin membuka dan melihat ada apa saja di dalam handphonenya.

Namun, bagi beberapa kejadian, hal ini bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga dan terciptanya pertengkaran hebat karena merasa privasinya dilanggar.

Lalu, apakah boleh mengecek isi dari handphone pasangan? 

Seorang Psikolog Roslina Verauli mencoba menjawab persoalan ini. Menurutnya, hal ini bergantung pada seberapa dekat relasi kamu dengan pasangan. 

Semakin dekat dengan pasangan, maka akan semakin banyak rahasia yang kamu bagikan kepada mereka. Begitu pun sebaliknya. 

“Semakin dalam relasi Anda dan dia maka akan semakin banyak yang bisa Anda buka terhadap pasangan, begitu juga sebaliknya. Pasangan akan membuka dirinya terhadap Anda termasuk untuk ranah-ranah yang masuk kategori privasi,” kata Verauli, dikutip dari sindikasi TheAsianParent, Senin (6/3/2023).

Membuka handphone pasangan pada dasarnya bisa dianggap etis maupun gak etis. Tergantung dengan bagaimana cara kamu melakukannya.

Bila moms izin dulu sebelum membukanya dan pasangan memperbolehkan maka hal itu sah-sah saja dilakukan. Namun, jika melakukannya secara diam-diam, maka ini bisa jadi pertanda bahwa belum ada rasa saling percaya di dalam hubungan.

"Kalau ternyata Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan dalam handphone pasangan Anda sementara si dia kerap berbohong tentang apa yang dia simpan dalam handphone-nya, justru kejadian-kejadian ini menjadi petunjuk buat Anda dan dia bahwa relasi Anda berdua belum terlalu begitu mendalam sehingga belum memungkinkan untuk bersikap terbuka,” terangnya.

Mengecek ponsel milik pasangan juga menjadi pertanda bahwa kamu belum bisa percaya sepenuhnya pada pasangan. Padahal, rasa percaya adalah suatu hal yang sangat penting dan merupakan pondasi bagi hubungan.

"Landasan relasi Anda dengan si dia belum menunjukkan ada rasa percaya di sana. Padahal rasa percaya itu penting sebagai dasar dari membangun relationship,” jelas Verauli. 

Namun pada dasarnya, setiap manusia pasti memiliki rahasia yang gak mau dibagi dengan siapapun atau bisa disebut privasi. Handphone termasuk ranah privasi yang tak bisa dicek oleh sembarang orang apalagi tanpa seizin orang tersebut. 

“Handphone bagi sebagian besar pasangan adalah ranah pribadi seperti tas kantornya, dompet, laptop. Itu semua adalah ranah pribadi,” tegas Verauli. 

Namun demikian, rahasia dan hal-hal yang masuk dalam ranah pribadi bisa saja dibagikan kepada pasangan jika memang sudah saling terbuka satu sama lain. Komunikasi antar pasangan perlu dilatih supaya semakin dalam dan terbuka.

Share Artikel:

Oleh: Nasibah Azzahra