Menu

Ini Lho Moms Perbedaan PAUD dan TK, Jangan Sampai Keliru Ya!

06 Januari 2021 10:20 WIB

Ilustrasi anak belajar di kelas (shutterstock/Edited by Herstory)

HerStory, Bogor —

Seluruh orang tua pasti akan setuju bahwa pendidikan adalah hal yang penting dan paling utama untuk si buah hati. Saking pentingnya, tak sedikit lho orang tua yang sudah memikirkan pendidikan anak sedini mungkin. Bahkan, ada juga yang mulai memberikan pendidikan pada si kecil semenjak ia berusia 2 tahun. 

Di Indonesia ada banyak sekali sarana yang disiapkan untuk menunjang pendidikan anak. Oleh karena itu, mungkin kamu sendiri tak asing dengan istilah PAUD, playgroup, dan TK. Tapi kamu tau nggak sih moms perbedaan dari ketiga itu apa? 

Nah, agar tak salah kaprah mengenai PAUD, playgroup, dan juga TK, berikut ini adalah informasi yang perlu kamu ketahui yang pastinya dapat membantu para moms dalam memilih pendidikan untuk anak. Simak informasinya baik-baik ya. 

PAUD 

PAUD merupakan sebuah akronim dari Pendidikan Anak Usia Dini. Berdasarkan peraturan yang dibuat oleh pemerintah, PAUD adalah jenjang pendidikan yang diberikan kepada anak sebelum ia memasuki jenjang pendidikan dasar, yakni ketika anak berusia kurang dari 1 tahun sampai usia 6 tahun. Jadi bisa disimpulkan bahwa PAUD bukanlah sebuah lembaga pendidikan, melainkan sebuah jenjang. 

Perlu diketahui, bahwa di dalam jenjang ini, terdapat beberapa lembaga pendidikan seperti kelompok bermain atau playgroup, taman kanak-kanak atau raudatul athfal, serta lembaga lainnya, baik yang formal maupun non-formal. 

Playgroup 

Playgroup atau biasa disebut kelompok bermain merupakan salah satu lembaga pendidikan yang termasuk ke dalam jenjang PAUD. Playgroup sendiri ditujukan untuk anak-anak yang berusia 2-4 tahun. Selain itu, pada kelompok bermain, anak-anak akan diajarkan untuk mengembangkan motorik, kecerdasan emosional dan spiritual, serta bagaimana cara bersikap dan berperilaku dengan baik. Karena usia anak-anak adalah usianya untuk bermain, maka metode pembelajarannya pun menggunakan metode bermain yang pastinya menyenangkan. 

Taman kanak-kanak 

Lembaga pendidikan taman kanak-kanak ditujukan untuk anak yang berusia 4-6 tahun. Ketika memasuki TK, si kecil akan mulai diajarkan mengenai pelajaran-pelajaran kognitif seperti berhitung dan membaca. Kurikulum yang dibuat oleh lembaga ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak memasuki pendidikan selanjutnya. Meskipun begitu, metode belajar yang digunakan tetap menyanangkan bagi si kecil kok moms. 

Selain itu, berikut ini adalah manfaat dari Pendidikan Anak Usia Dini bagi si kecil yang pastinya perlu moms ketahui. Simak informasinya dengan baik ya.

Mempersiapkan anak untuk jenjang selanjutnya 

Ketika si kecil mengikuti PAUD, tentu ia akan memiliki bekal untuk dapat menjalani jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mereka akan lebih bisa memahami materi dengan cepat dan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Belajar mengontrol emosi

Jenjang PAUD dapat mengajarkan anak untuk bisa bersosialisasi dengan baik bersama teman sebayanya. Selain itu, ketika anak sudah pandai menempatkan diri, ia juga akan belajar bagaimana untuk mengatur emosi yang ada di dalam dirinya. Dengan kemampuan tersebut, si kecil akan lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan yang baru. 

Belajar disiplin 

Mengajarkan disiplin pada anak rasanya memang susah-susah gampang ya moms. Nah, dengan mengikuti PAUD, si kecil akan belajar bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik, bersabar dalam melakukan sesuatu, dan yang paling penting adalah dapat membiasakan anak untuk bangun pagi setiap harinya. 

Semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat ya moms!