Menu

Beauty Jangan Cukur Bulu Miss V Sampai Gundul, Kata Dokter Boyke Nanti Bisa...

13 Maret 2023 11:45 WIB

Ilustrasi kebersihan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu salah satu orang yang merasa gak nyaman dengan tumbuhnya bulu di bagian Miss V?

Orang-orang yang merasa gak nyaman dengan hadirnya bulu di area kewanitaan tentu akan mengambil langkah untuk selalu mencukurnya.

Namun, mencukur bulu di area kewanitaan ini gak bisa sembarangan, lho. Sebab, banyak risiko yang bisa muncul kalau kamu mencukur sembarangan, bahkan sampai gundul.

Menurut pakar seksologi Dokter Boyke Dian Nugraha, mencukur bulu Miss V boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya gak dicukur sampai gundul.

Kata Dokter Boyke, bulu Miss V diciptakan dengan memiliki fungsi tersendiri. Makanya, kalau dicukur sampai gundul bisa mengundang masalah kesehatan.

"Gak boleh sampai gundul, disisakan. Bulu-bulu Miss V juga diciptakan Tuhan ada gunanya," kata Dokter Boyke dikutip dari kanal YouTube dr. Richard Lee, Senin (13/3/2023).

Gak sampai situ saja, Dokter Boyke juga membeberkan sejumlah risiko yang bisa muncul jika kamu mencukur bulu Miss V sampai gundul.

Mencukur bulu Miss V sampai gundul bisa memicu rasa gatal dan bikin gak nyaman. Salah satu risiko yang akan mengintai adalah infeksi jamur. 

"Secara gak sengaja dia akan menggaruk. Itu juga bisa menambah infeksi dan menambah risiko terkenanya infeksi jamur," ungkap Dokter Boyke.

Dokter Boyke juga menjelaskan, bulu Miss V berperan sebagai penyaring kotoran sebelum masuk ke dalam liang vagina. 

Selain dapat mencegah masuknya kotoran, bulu Miss V juga bisa melindungi kulit dari berbagai gesekan.

Nah, itulah bahaya mencukur bulu Miss V sampai gundul. Hati-hati, Beauty!