Menu

Moms Harus Tahu! 4 Penyebab yang Bisa Bikin Cinta Pudar, Nomor 1 Sering Diremehkan

24 Maret 2023 13:00 WIB

Ilustrasi pasangan gak saling cinta (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Menjalin hubungan rumah tangga pastinya gak selalu terasa manis, akan ada kerikil-kerikil yang menerpa kehidupan pernikahan kamu dan pasangan.

Hal yang kerap kali dirasakan adalah perasaan cinta yang kini lama makin pudar. Ini sering kali dirasakan bagi pasangan yang sudah lama menikah, ataupun selepas bertengkar hebat.

Namun, dibalik rasa cinta kamu pada pasangan yang kian pudar, ternyata ada faktor yang menjadi penyebabnya.

Apa saja? Berikut 4 alasan cinta bisa memudar, simak selengkapnya dari GenPI.co.

1. Perubahan dalam diri pasangan

Salah satu faktor yang bisa menjadi alasan cinta memudar, yakni perubahan dalam dirimu atau pasangan. Tak dimungkiri, saat pertama jatuh cinta, kamu pasti melihat semua hal yang baik dalam diri pasangan.

Namun, setelah mengetahui sisi buruk pasangan terlebih sudah meniakh, rasa cintamu akan sangat diuji. Pasalnya, kamu bisa saja mengalihkan sebagian perasaanmu terhadap hal yang gak disukai dari pasangan.

2. Komunikasi yang kurang

Salah satu faktor yang bisa membuat cinta memudar, yakni komunikasi yang gak lancar. Biasanya, hal ini terjadi saat salah satu pasangan memiliki kesibukan luar biasa.

Perlu diingat, saat salah satu atau keduanya sibuk, sebagian besar yang menjadi masalah utama, yakni komunikasi.

Komunikasi tentu gak selalu identik dengan bertemu, tetapi soal bagaimana kamu mau mendengarkan pikiran dan perasaan pasangan.

Jika hal tersebut gak berjalan dengan baik, kamu dan pasangan gak bisa memahami pikiran dan perasaan masing-masing, kondisi itu selanjutnya akan berpengaruh pada rasa cinta kepada pasangan.

3. Waktu dapat membuat cinta memudar

Salah satu yang bisa membuat cinta memudar, yakni waktu. Cinta mungkin gak menghilang dari kehidupan asmara, tetapi perasaan cinta terhadap pasangan bisa berubah berdasarkan waktu.

Apalagi, intensitas cintamu kepada pasangan bisa sangat berbeda pada saat awal bertemu, dan bisa bertambah ataupun berkurang dari waktu ke waktu hingga perasaan memudar bahkan hilang.

4. Realitas kehidupan

Salah satu alasan cinta memudar, bisa disebabkan karena realitas kehidupan.

Kesibukan ternyata sangat berpengaruh dengan kehidupan cinta, karena faktanya banyak pasangan yang gak bisa membagi waktu dengan baik.

Hal tersebut mengakibatkan, banyak yang merasa bahwa mereka gak memiliki pasangan untuk berbagi. Hal ini dengan mudah akan menghilangkan rasa cinta kepada pasangan secara perlahan.

Artikel Pilihan