Menu

Kenapa Ya Si Kecil Kerap Susah untuk Makan? Ternyata Ini Moms Penyebabnya, Simak!

27 Maret 2023 17:55 WIB

Ilustrasi Anak Melakukan gerakan Tutup Mulut (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Mengalami masa-masa susah untuk makan, bagi para moms mungkin panik ketika menghadapi situasi ini. Namun, gak jarang ada juga yang menjadi malas memasak karena tahu apapun yang dihidangkan tak berhasil membawa selera makan anak kembali.

Moms gak usah merasa galau, karena sebenarnya tak ada yang salah dengan rasa masakan. Perilaku anak susah makan ketika mereka memasuki usia balita sebenarnya sangat normal dan merupakan pertanda baik pada perkembangan anak.

Lalu apa saja yang menyebabkan anak susah makan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Pertumbuhan Anak yang Mulai Menurun

Pada saat anak mulai menginjak usia satu tahun hingga lima tahun, pertumbuhan fisik mereka menurun secara perlahan dibandingkan ketika mereka masih bayi.

Karena tubuh anak tumbuh perlahan, secara otomatis mereka membutuhkan lebih sedikit kalori sehingga tampak tak punya selera untuk makan. Pada tahap ini, kebutuhan anak untuk makan diatur oleh bagian otak yang berkaitan dengan selera.

Tumbuh Gigi dan Gak enak Badan

Selain itu, masih ada juga penyebab anak susah makan lainnya seperti faktor ketertarikannya pada lingkungan sekitar, tumbuh gigi atau sedang merasa gak enak badan.

Masalah Sensorik

Melansir dari TheAsianParent, beberapa anak mungkin menolak makanan berdasarkan teksturnya, bagaimana baunya, tampilannya, dan gerakannya, warnanya. Solusi dari permasalahan ini adalah bisa menyediakan makanan menyesuaikan dengan tekstur dan selera si kecil. 

Enggan dengan Makanan Baru

Kadang-kadang saat memasuki usia dua tahun, banyak balita merasa enggan atau malah takut mencoba makanan baru. Ini disebut neofobia.

Neofobia adalah alasan paling umum balita menolak makan. Dibutuhkan kesabaran dan ketekunan bagi orang tua untuk membantu anak-anak mengatasi reaksi ini. 

Kamu bisa pelan-pelan membantu si kecil mengenalkan pada makanan baru secara teratur dan menunjukkan kepada mereka bahwa makanan baru aman, enak untuk dimakan dan sama sekali gak menakutkan.

Kelelahan

Sama seperti orang dewasa, anak yang gak mau makan mungkin terlalu lelah untuk melakukan gerakan makan. Jika kelelahan adalah penyebab si kecil susah makan, moms bisa mengatur kembali pola makan.

Misalnya, dengan mencoba beri si kecil makanan utama padat nutrisi pada waktu makan siang dan siapkan makanan yang lebih ringan (mudah dikunyah) untuk makan malam.

Sementara itu, cobalah untuk membuatkan si kecil lauk yang menarik secara visual sehingga si kecil semakin bersemangat menikmati waktu makannya.

Sakit tenggorokan

Radang tenggorokan yang merupakan salah satu tanda si kecil akan flu juga akan menyebabkan ia mogok makan. Ketidaknyamanan menelan makanan yang biasanya diikuti dengan gejala meriang yang lain membuat anak enggan mengonsumsi makanan.

Nah itu dia moms beberapa penyebab si kecil susah untuk makan. Apakah si kecil termasuk salah satunya?

Share Artikel:

Oleh: Nasibah Azzahra