Menu

Diam-diam Murtad Usai Ikut Agama Kekasih, Alya Theresa Akui Jadi 'Buronan' Mamah Dedeh Hampir 10 Tahun: Saya Mau Diislamkan Lagi

06 April 2023 21:45 WIB

Alya, Mamah Dedeh (Instagram/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Publik mendadak dihebohkan dengan munculnya sosok wanita bernama Alya Theresia yang mengaku sebagai anak dari Mamah Dedeh. Yang mengejutkan, ia menceritakan pengalaman pindah agama.

Pengakuan Alya tersebut viral usai akun TikTok abahtukanggosip menceritakan soal anak Mamah Dedeh yang memutuskan untuk murtad.

“Saya lahir dari keluarga campuran, bapak orang Betawi bernama Syarifudin dan ibu Dedeh Rosidah alias Mama Dedeh, orang Sunda,” ujar narator yang menceritakan pengakuan Alya Theresa.

Sudah belasan tahun memutuskan pindah agama, awalnya Alya hanya iseng membaca Alkitab milik temannya yang tertinggal di rumah.

“Saya iseng baca, ada tulisan, ‘Kami patut percaya kalau Yesus benar-benar ada’,” sambungnya.

Sejak saat itu, ia pun mulai mempelajari agama Kristen. Apalagi, sang kekasih yang kini menjadi suaminya adalah umat Kristiani.

“Sekarang saya sudah menerima Yesus dalam kehidupan saya. Puji Tuhan tidak akan berubah sampai kapan pun juga,” tuturnya.

Melansir dari video tersebut, rupanya Mamah Dedeh marah saat mengetahui putrinya berpindah keyakinan. Ia bahkan mengusir Alya saat mendatangi rumahnya di momen Idul Fitri.

“Saya datang ke rumah di hari Lebaran, tapi saya diusir, dibilang murtad,” pungkas Alya Theresia.

Alya mengaku sempat menghindari keluarganya selama bertahun-tahun. Ia pun turut membeberkan perilaku kasar sang ibu usai mengetahui dirinya berpindah keyakinan.

"Saya jadi buronan 9 tahun ke Kediri dan Malang. Yang saya lakukan adalah mengampuni dan mendoakan mereka," tutur Alya, dikutip dari laman Matamata.com, Kamis (6/4/2023).

“Ibu saya sifatnya keras. Waktu mengetahui saya jadi Kristen, orangtua saya dulu marah. Saya dipanggil Murtadin karena murtad. Saya diseret lagi ke kamar, syaa ditendang lagi, diludahin, ‘Lu tuh kerasukan iblis’. Saya dipukulin,” lanjutnya.

Selain itu, Alya Theresia juga mengaku sempat dipaksa oleh Mamah Dedeh dan keluarganya untuk kembali memeluk agama Islam.

"Dia seret saya 'ayo, lu ikut gua'. Saya naik mobil. Benar dong pas saya nyampe tujuan, di tengah sawah ada gubuk. Orang-orang pada seret saya. Ternyata Mami saya akan mengembalikan saya untuk kembali ke masa lalu diislamkan lagi," pungkasnya.

Sementara itu, pihak Mamah Dedeh sudah buka suara mengenai kabar tersebut dan mengatakan jika hal tersebut adalah kabar bohong alias hoaks.

Share Artikel:

Oleh: Egi Apriyanti