Menu

Studi Baru Sebut Diabetes Adalah Faktor Risiko Utama Stroke: Sederet Fakta Kesehatan Ini Wajib Diketahui, Jangan Nyesel Belakangan Beauty!

08 April 2023 23:55 WIB

Ilustrasi diabetes. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, penelitian epidemiologi yang baru-baru ini  diterbitkan dalam Journal of Stroke telah menunjukkan bahwa diabetes adalah faktor risiko stroke yang mapan.

Ada beberapa mekanisme patofisiologis dimana diabetes menyebabkan stroke iskemik, termasuk aterosklerosis arteri besar, SVD serebral, dan emboli jantung.

Kehadiran diabetes tak hanya terkait dengan peningkatan risiko stroke, tetapi hasil pasca-stroke umumnya lebih buruk pada orang dengan diabetes dibandingkan mereka yang tidak menderita diabetes.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Endokrinologi dan Metabolisme, Hadassah Medical Center, Yerusalem, Israel; Universitas Ibrani Yerusalem; Universitas Toronto; MayoClinic dan University of L'Aquila.

Bagaimana diabetes menyebabkan stroke?

Kamu pasti udah tahu, Beauty, diabetes adalah penyakit yang sangat lazim dan sering dikaitkan dengan faktor risiko kardiometabolik yang meningkatkan risiko stroke. Juga dalam kasus penderita diabetes, kondisi pasca-stroke memburuk dan ada risiko lebih besar untuk kambuhnya stroke.

Gula darah tinggi membuat kaku pembuluh darah yang lama kelamaan menyebabkan timbunan lemak atau gumpalan di pembuluh darah. Gumpalan tersebut mempersempit pembuluh darah dan memutus suplai darah ke organ utama seperti otak dan karenanya menyebabkan stroke.

Tiga masalah umum yang menghubungkan diabetes dan stroke

Diabetes berperan aktif dalam mempengaruhi tiga penyebab umum stroke: aterosklerosis arteri besar, penyakit pembuluh darah otak kecil (SVD), dan emboli jantung. Aterosklerosis arteri besar, penyebab utama stroke, dipercepat oleh perubahan fisiologis yang disebabkan oleh dislipidemia, hiperglikemia, dan resistensi insulin.

Disfungsi mikrovaskular serebral, yang umumnya terlihat pada penderita diabetes, membuat seseorang rentan terhadap stroke lacunar dan hemoragik. Mereka yang menderita diabetes memiliki risiko 35% lebih tinggi untuk mengalami fibrilasi atrium, penyebab stroke kardiometabolik yang diketahui dan potensial.

Faktor risiko lain untuk stroke

Selain diabetes, faktor risiko stroke lainnya adalah lemak perut berlebih yang berarti ukuran pinggang lebih dari 35 inci pada wanita dan 40 inci pada pria, tekanan darah tinggi, kondisi pra-diabetes, kolesterol tinggi, dan konsumsi tembakau.

Bagaimana cara menurunkan risiko stroke jika menderita diabetes?

Nah Beauty, jika kamu menderita diabetes maka sangat ideal untuk menerapkan gaya hidup sehat sehingga kamu dapat mencegah risiko stroke. 

"Turunkan risiko dengan menjaga glukosa darah, tekanan darah, dan kolesterol sesuai target dengan makan sehat, aktivitas fisik, dan, jika perlu, obat-obatan. Dan jika kamu merokok, berhentilah. Setiap langkah yang kamu ambil akan membantu," saran American Diabetes Association.

Share Artikel:

Oleh: Riana Agustian