Menu

Diabetesi Wajib Tahu, Berikut Golongan Penderita Diabetes yang Gak Dianjurkan Puasa, Jangan Nekat Ya!

12 April 2023 09:00 WIB

Ilustrasi Diabetes (Pixabay/Tumisu)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berpuasa sudah terbukti bisa memberi manfaat menyehatkan bagi tubuh. Tapi, pada beberapa orang dengan kondisi khusus, misalnya diabetes, puasa gak bisa dilakukan sembarangan. 

Pasalnya, jika tak mengikuti aturan tertentu, puasa yang awalnya ditujukan untuk ibadah malah bisa memberi dampak buruk bagi tubuh.

Terkait hal ini. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital BSD, dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD., mengatakan, agar aman berpuasa, penderita diabetes harus mengontrol kadar gula yang ada dalam tubuh mereka.

Menurutnya, jika seorang penderita diabetes memutuskan untuk tetap berpuasa, maka ada hal yang perlu diketahui mengenai penggunaan insulin dan konsumsi obat semasa berpuasa, Beauty.

"Karena, pada saat berpuasa, orang diabetes akan lebih rentan mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula darah. Bahkan, sebagian pasien diabetes harus menggunakan suntik insulin secara rutin, hanya untuk menjaga kadar gula darahnya," kata dr. Jimmy.

Lantas, apakah semua orang dengan diabetes gak boleh berpuasa? Nah ternyata Beauty, ada beberapa kondisi diabetes yang memiliki risiko tinggi yang menyebabkan pasien tak dianjurkan berpuasa, seperti:

  • Penyandang diabetes tipe 1
  • Penyandang diabetes tipe 2 yang harus menggunakan suntik insulin multipel
  • Penyandang diabetes tipe 2 dengan gula darah yang belum terkendali
  • Pasien dengan riwayat gula darah rendah (hipoglikemia) yang berat dalam tiga bulan terakhir
  • Pasien dengan riwayat ketoasidosis diabetik dalam tiga bulan terakhir
  • Pasien dengan riwayat gula darah rendah berulang
  • Penyandang diabetes diikuti dengan kondisi kesehatan serius seperti penyakit ginjal yang berat atau komplikasi pembuluh darah
  • Penyandang diabetes yang sedang sakit akut
  • Penyandang diabetes yang sedang hamil
  • Penyandang diabetes usia lanjut dengan banyak masalah kesehatan

Nah, Beauty, bagi penderita diabetes risiko tinggi jika berpuasa, sebaiknya tak memaksakan diri karena bisa memicu berbagai komplikasi yang lebih serius bahkan mengancam nyawa, seperti hipoglikemia berat karena gula darah drop selama tidak makan.

Pasien diabetes dengan komplikasi penyakit ginjal kronis juga sebaiknya tak berpuasa karena bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan kelainan ginjal yang lebih serius.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan