Menu

5 Risiko Buruk Jika Ibu Hamil Kekurangan Cairan saat Mudik Menurut Dokter Ahli, Camkan ya!

18 April 2023 09:05 WIB

Ibu hamil sedang memeriksakan tekanan darahnya. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, melakukan perjalanan panjang menuju kampung halaman alias mudik menjadi kegiatan yang menyenangkan juga melelahkan.

Banyak persiapan yang dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh, terlebih bagi kamu yang tengah mengandung, Moms.

Pasalnya, ibu hamil rentan mengalami dehidrasi saat berpuasa di tengah perjalanan mudik. Nah, Moms, ternyata ada beberapa risiko yang mungkin terjadi saat mudik jika kamu kekurangan cairan. Apa saja kira-kira?

Berikut 5 dampak buruk bila bumil kekurangan cairan pada saat mudik menurut dr. Rendy Indraprana, Sp.OG., selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital Cibubur.

1. Konstipasi

Seperti diketahui, feses membutuhkan cairan agar bisa dikeluarkan dari tubuh. Bila asupan cairan berkurang selama hamil, maka feses menjadi keras dan bumil akan mengalami konstipasi.

Hal tersebut bisa membuat perjalanan mudik menjadi tak nyaman.

2. Mual

Asupan cairan yang cukup ternyata dapat mencegah mual selama kehamilan. Saat mengalami dehidrasi, lambung akan kekurangan cairan untuk memproses makanan. Akibatnya, produksi asam lambung meningkat.

3. Sakit kepala dan pusing

Kekurangan cairan dapat menyebabkan peredaran darah menjadi terganggu. Akibatnya, bumil bisa mengalami sakit kepala dan pusing ketika berdiri atau setelah duduk nih.

Selain itu, asupan oksigen ke organ-organ tubuh juga akan ikut terganggu. Kondisi tersebut menjadi penyebab pusing.

4. Mudah lelah

Tubuh yang kekurangan asupan cairan akan mengalami gangguan metabolisme, sehingga menjadi mudah lelah.

5. Mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi Saluran Kemih (ISK) dapat terjadi pada seseorang yang mengalami dehidrasi. Gejala ISK pada ibu hamil dapat berupa nyeri saat buang air kecil, demam, hingga sakit punggung.

Mudik pada saat hamil memang berisiko, namun bukan berarti tak bisa dilakukan.

Dengan memperhatikan hal di atas, bumil bisa melakukan perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. Serta rencana silaturahim dan mengunjungi kampung halaman bisa terwujud meski ibu dalam kondisi hamil.

So, Moms, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan selama dalam perjalanan jika ada hal- hal yang kurang dimengerti seputar kandungan, ya!

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan