Menu

Khawatir Kolesterol Naik Pasca Lebaran? Kendalikan dengan Konsumsi 5 Makanan Ini Moms!

23 April 2023 14:17 WIB

Ilustrasi penyakit kolesterol (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pada saat lebaran Idulfitri, ada banyak makanan dengan kandungan lemak tinggi tersaji. Jika. Dikonsumsi secara berlebihan, makanan ini akan membuat kolesterol tubuh meningkat tajam. 

Moms, kadar kolesterol yang tinggi berisiko menyebabkan gangguan kesehatan. Bahkan, bisa saja kondisi ini memicu terjadinya komplikasi penyakit, seperti stroke, gangguan jantung, dan lainnya. 

Salah satu cara untuk menjaga kolesterol tetap stabil adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. HerStory sudah merangkum beberapa makanan yang ampuh menurunkan kolesterol. 

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms. 

1. Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang efektif membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh, rasa dari pisang juga cocok menjadi pencuci mulut setelah sajian opor dan sambal goreng ati yang disantap selama momen lebaran.

Buah ini cenderung mudah ditemukan dan ada pada segala musim, jadi tidak ada alasan untuk tidak memakannya. Selain itu pisang juga mudah sekali diolah menjadi berbagai sajian nikmat lain, seperti misalnya jus.

2. Beras Merah

Memang momen Idul Fitri identik dengan ketupat yang disantap bersama kuah santan kental dari opor. Tapi tidak ada salahnya juga menyediakan opsi nasi merah yang dibuat dari beras merah, untuk mengimbangi kelezatan ini.

Mengandung vitamin B, magnesium, selenium, hingga fitonutrien, nasi merah bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah. Tingginya kandungan serat juga bisa membantu mengontrol gula darah agar tetap normal.

3. Kacang-Kacangan

Sebagai camilan yang nikmat, kacang-kacangan juga ternyata bisa membawa dampak membantu menurunkan kolesterol selepas mengkonsumsi makanan seperti rendang dan opor. Kaya akan kandungan vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh, Moms bisa menjadikannya kudapan yang sehat.

4. Sayuran Hijau

Ada baiknya mengkonsumsi berbagai makanan lebaran ini dengan kombinasi bersama sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang disarankan antara lain adalah bayam dan kangkung. Keduanya memiliki kandungan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, sehingga tingkatnya tetap aman.

Ketika mengkonsumsi sayuran hijau ini Moms juga dapat memperoleh efek lain seperti mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan catatan, konsumsinya dilakukan secara rutin dan disiplin.



Artikel Pilihan