Menu

Sama-Sama Berbau Asam, Dokter Paparkan Beda Aroma Miss V Normal vs Abnormal, Buruan Cek Sekarang!

28 April 2023 10:04 WIB

Ilustrasi kebersihan Miss V (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, Miss V alias vagina merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki aroma yang asam. Hal ini terjadi karena pH pada organ intim ini cenderung lebih rendah yang mana berfungsi untuk membunuh bakteri berbahaya yang mungkin mengancam.

Adapun, pH pada Miss V berkisar antara 3,8 hingga 4,5 yang mana merupakan olongan pH asam. Tentu saja hal ini sangat normal dan bau asam yang muncul juga biasa, kok.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Andrologi, dr. Daniel Widiyanto, mengenai bau asam Miss V yang normal. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya tiap orang memiliki aroma Miss V yang berbeda-beda.

"Baunya sedikit asam karena memang pH dia asam. Kalau ngomongin bau sesuatu yang subyektif, atau di beberapa jurnal menyebutkan baunya kayak meat atau kayak daging," jelas dr. Daniel melalui konten Tiktok @pasutrisejati yang dilansir HerStory, Jumat (28/4/2023).

Meski begitu, banyak yang gak percaya diri dengan  bau asam pada Miss V dan sering menganggapnya sebagai tanda adanya kejanggalan pada vagina. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu mengetahui bagaimana bau asam yang normal dan abnormal pada Miss V, Beauty.

Beauty, dr. Daniel mengimbau untuk gak terlalu mencemaskan bau asam pada vagina. Selama aromanya gak menusuk tajam atau menyengat, itu merupakan hal normal dan gak ada masalah kesehatan yang terjadi pada organ tersebut.

"Baunya asam tapi tak menyengat," tutup dr. Daniel.

Jika aroma Miss V berubah menjadi tajam, menyengat, hingga berbau busuk, maka ada masalah yang terjadi. Miss V yang berbau asam abnormal ini biasanya berkaitan dengan gangguan Miss V seperti vaginosis.

Selain itu, bisa sama terjadi penyakit infeksi menular seksual seperti Trikomoniasis yang menyebabkan bau asam abnormal pada Miss V. 

Meski begitu, butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui lebih pasti penyebab bau menyengat pada Miss V. Jika kamu mengalaminya, segera lakukan pemeriksaan dan hindari menggunakan produk ‘pewangi’ vagina tanpa izin dokter, ya.

Artikel Pilihan