Menu

Jangan Dibuang Moms! Manfaat AIr Beras Ampuh Bikin 3 Penyakit Ini Kabur, Yuk Intip Apa Saja Ya?

02 Mei 2023 06:35 WIB

Ilustrasi mencuci beras berkali-kali. (Pinterest/japanesefoodguide)

HerStory, Rembang —

Apakah kamu sering membuang air beras? Jika kamu masih melakukan kebiasaan ini, mulai sekarang stop ya Moms. Sebab, air beras ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho, terutama terkait masalh pencernaan.

Untuk menyiapkan air beras, cuci dulu beras sampai bersih. Nah, setelah itu, rebus atau tanak satu cangkir beras, tiga sampai empat cangkir air siap minum. Untuk membuat air beras, perbandingan yang ideal antara beras dan air adalah 1:3 ya Moms.

Kmeudian diamkan selama lurang lebih 45 menit sampai bersanya melunak. Jika berasnya sudah matang, tiriskan airnya. Kamu bisa menambahkan sedikit garam atau gula pada larutan tersebut untuk menambah rasa.

Agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya langsung minum tanpa tambahan apapun ya Moms. Berikut ini sederet manfaat air beras yang wajib Moms ketahui. Apa saja ya?

1. Mencegah sembelit

Untuk melancarkan pencernaan akibat sembelit, Moms butuh banyak serat dan cairan. Nah, air beras ini dipercaya bisa mengatasi sembelit. Sebab, air beras kaya akan serat, terutama air beras merah yang bisa membantu melunakkan feses dan melancarkan sistem pencernaan.

2. Mengatasi diare

Selain melancarkan sembelit, air beras juga sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Sebuah penelitian yang dirilis jurnal Lancet di Inggris membuktikan bahwa air beras mampu mengantikan elektrolit yang hilang dan mengurangi gejala diare.

3. Sebagai sumber energi

Air beras juga dipercaya bisa membuatmu kembali bertenaga karena bis amenambah energimu. Ya, rasa lemas atau tak bertenaga biasanya disebabkan karena suplai karbohidrat dalam tubuh sudah habis terbakar. Nah, air beras kaya akan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi.

Minum air beras di pagi hari akan membuatmu merasa lebih segar dan bertenaga sepanjang hari. Selain itu, air beras juga aman dan alami karena tidak mengandung bahan-bahan kimia tambahan,s eperti pada minuman energi.

Itualh beberapa manfaat air beras yang jarang diketahui. Jadi, gimana Moms, apakah kamu tertarik untuk mencoba mengonsumsinya?

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari

Artikel Pilihan