Menu

Hati-hati, Ini Dia Sederet Penyakit yang Mengintai saat Cuaca Panas!

03 Mei 2023 10:30 WIB

Ilustrasi cuaca panas. (SHUTTERSTOCK/VladisChern)

HerStory, Depok —

Cuaca panas saat ini tengah melanda beberapa daerah di Indonesia. Suhu tertinggi yang tercatat beberapa hari lalu mencapai 37 derajat Celsius.

Saat cuaca panas melanda, terdapat beberapa hal yang perlu Beauty perhatikan, salah satunya melindungi diri dari penyakit.

Ditengah cuaca panas, kamu jangan hanya menjaga kulit tapi juga menjaga imunitas tubuh secara keseluruhan. Pasalnya di cuaca panas seperti sekarang ini, berbagai risiko rentan muncul menyerang tubuh.

Dirangkum HerStory, berikut ini empat penyakit yang muncul saat cuaca panas.

1. Alergi Udara

Udara yang lebih hangat itu bisa merangsang penyerbukan bunga. Di mana semakin banyak penyerbukan bunga terjadi, maka serbuk sari di udara akan meningkat. Kondisi tersebut menjadi penyebab alergi, khususnya bagi orang yang punya riwayat alergi serbuk sari.

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pneumonia merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran napas, mulai dari hidung sampai alveoli paru-paru.

Perlu dipahami bahwa ISPA merupakan penyakit yang diakibatkan oleh peningkatan suhu bumi. Pasalnya, panas dapat menyebabkan kebakaran semak dan hutan sehingga meningkatkan risiko terkena ISPA dan pneumonia.

Sebagai catatan, ISPA yang berkepanjangan dapat berkembang menjadi pneumonia. 

3. Diare

Penyakit diare bukan hanya rentan muncul saat sedang terjadi banjir. Cuaca panas pun bisa jadi penyebab kamu terserang penyakit ini.

Beauty harus tahu bahwa perubahan iklim yang berdampak pada banjir dan kekeringan sama-sama menyebabkan diare.

Pasalnya, kekeringan bisa menyebabkan kelangkaan air bersih. Selain itu, kekeringan membuat konsentrasi patogen atau kuman seperti biang diare jadi meningkat.

4. Penurunan Gizi Balita

Orang tua harus tahu kalau anak balita membutuhkan gizi demi tumbuh kembangnya. Jika gizi anak tidak cukup, maka anak berisiko mengalami kondisi:

  • Stunting
  • Wasting
  • Underweight.

Di mana kondisi kekurangan gizi tersebut jadi dampak tak langsung akibat perubahan iklim. Hal ini dikarenakan mata pencaharian orang tua dan ketersediaan pangan terganggu bencana kekeringan atau banjir.

Saat sumber mata pencaharian orang tua balita terganggu, praktis kualitas gizi anak-anak menurun.

Itu dia berbagai penyakit akibat cuaca panas. Beauty wajib melindungi diri dari risiko penyakit yang muncul saat cuaca panas ini, ya!

Share Artikel:

Oleh: Nailul Iffah

Artikel Pilihan