Menu

Bisa Bikin Sakit, Ini Deretan Makanan yang Gak Boleh Dikonsumsi Bersamaan, Jangan Sampai Keliru Ya!

03 Mei 2023 14:30 WIB

Saus Tomat (Wordpress/Konica Minolta)

HerStory, Depok —

Beauty, pernahkah kamu merasa ada gangguan penyakit setelah makan? Nah, salah satu penyebab kondisi tersebut bisa jadi karena kamu mengonsumsi beberapa jenis makanan yang salah secara bersamaan. 

Sebab, ada sejumlah makanan yang dapat saling mengganggu nutrisi baik untuk tubuh. Bahkan dalam beberapa kasus, kombinasi dua makanan tertentu bisa membentuk racun yang merugikan tubuh. 

Melansir dari Bussines Today, Rabu (3/5/2023) berikut ini daftar makanan yang gak boleh dikonsumsi bersamaan. Catat ya Beauty!

1. Sereal Susu dan Jus Jeruk

Banyak orang menganggap sereal susu dan jus jeruk adalah sarapan yang baik untuk tubuh. Faktanya, asam jus jeruk dapat menghancurkan enzim yang membantu mencerna pati dalam sereal, lho.

Selain itu, konsumsi susu dan jeruk juga bisa mengganggu keseimbangan enzim pencernaan perut. Akibatnya, perut mengalami kembung.

2. Buah-buahan Setelah Makan

Perlu kamu ketahui Beauty, buah-buahan mengandung gula sederhana yang gak bertahan lama di perut. Namun, jika kamu mengonsumsi buah setelah makan berat, gila dapat tertahan ditubuh dan berfermentasi. 

Ini menyebabkan nutrisi terganggu dan bahkan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

3. Saus Tomat dan Keju

Gak sedikit orang mengolah pasta dengan saus tomat dan keju untuk toppingnya. Tomat yang bersifat asam tak cocok dengan karbohidrat seperti pasta dan keju.

Kombinasi ini dapat menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat tinggi juga membuat kamu mudah lapar. 

4. Kacang dan Keju

Beauty, kacang dan keju seringkali jadi pilihan kombinasi saat membuat roti panggang. Ternyata kombinasi ini bisa meningkatkan risiko gangguan pencernaan lho. 

Kacang merupakan produk nabati yang menyababkan gas. Sementara itu, olahan susu, seperti keju mengandung laktosa yang bisa memicu terjadinya gas di lambung.