Menu

Gak Cuma karena Flu, Ini 4 Pemicu Sakit Kepala, Cuss Simak!

03 Mei 2023 22:25 WIB

Ilustrasi wanita sedang sakit. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Sakit kepala merupakan penyakit yang sering terjadi. Kondisi ini kerap muncul tiba-tiba, dengan keluhan ringan hingga berat dan berlangsung beberapa jam hingga berhari-hari.

Adapun penyebab sakit kepala itu beragam. Umumnya, sakit kepala muncul bersamaan dengan beberapa gangguan kesehatan, seperti flu dan demam. 

Kendati demikian, ada penyebab lainnya dari sakit kepala. Berikut ini 5 penyebab utama sakit kepala yang sudah HerStory kutip dari NHS, Rabu (3/5/2023).

1. Cuaca Buruk

Penyebab pertama sakit kepala adalah cuaca yang buruk. Cuaca terlalu panas, yang menyebabkan kelembaban tinggi dan kenaikan suhu, secara signifikan dapat mengiritasi saraf, menyebabkan sakit kepala.

Umumnya, ini juga disebabkan oleh dehidrasi karena tubuh mengeluarkan cairan terlalu banyak. Dehidrasi memicu sakit kepala karena kekurangan cairan menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

2. Kemarahan yang Tak Terluapkan

Penyebab lainnya dari sakit kepala berupa marah yang tak terluapkan. Sebab, otot-otot di bagian belakang leher dan kulit kepala menjadi tegang. 

Sebab itu, ketika kamu mulai merasa marah, tarik napas dalam-dalam dan perlahan. Tarik napas melalui hidung dan keluar melalui mulut untuk mengendurkan otot tegang. 

3. Postur Tubuh yang Buruk

Tahukah Beauty, posisi duduk, berdiri dan berjalan akan mempengaruhi kesehatan. Hal ini juga menjadi penyebab sakit kepala berkepanjangan. 

Tubuh membungkuk dan duduk terlalu lama mengakibatkan ketegangan otot leher, punggung serta bahu. 

4. Cahaya Terlalu Terang

Paparan cahaya terlalu terang dapat membuat kepala menjadi sakit. Pantulan cahaya langsung ke mata dapat merangsang kerja thalamus. 

Thalamus merupakan bagian otak yang menyalurkan sinyal rasa sakit ke tubuh. Saat terlalu lama menatap cahaya, seperti dari gawai atau terpapar sinar matahari langsung terlalu lama, sakit kepala sering kerap menyerang. 

Artikel Pilihan