Menu

Ingin Sukses Dapat Pasangan Menggunakan Kencan Online? Ini Beberapa Hal yang Harus Kamu Lakukan

23 Januari 2021 17:00 WIB

Relationship (Unsplash/Hian Oliveira)

HerStory, Jakarta —

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung hampir satu tahun lamanya. Selama itu pula ruang gerak masyarakat terbatas lantaran demi menekan angka kasus COVID-19.

Untuk itu, segala sesuatu harus dilakulan melalui ponsel secara online. Salah satunya dengan mencari pasangan. Enggak heran deh kalau aplikasi kencan online menjadi naik daun di masa pandemi seperti sekarang.

Namun, masih banyak yang belum paham bagaimana cara untuk menemukan pasangan yang baik melalui aplikasi kencan online. Nah berdasarkan penjelasan Pingkan Rumondor, psikologi klinis dalam virtual talkshow yang diselenggarakan OkCupid Indonesia berikut beberapa persiapan psikologis sebelum bertemu pasangan kencan dari dating app:

Kelola ekspektasi

Teman kencanmu mungkin tampil berbeda dari foto profil. Untuk itu, fokuslah ke hal-hal yang penting. Perhatikan bagaimana ia berinteraksi denganmu dan orang sekitar (misal: pelayan restoran).

Utamakan keselamatan

Lakukan background check dengan mengecek kecocokan antara informasi di profil, obrolan dan fakta (misal: dari google) sebelum pertemuan tatap muka. Akan lebih baik jika mengobrol dulu via telepon/video sebelum bertemu tatap muka. Gunakan kesempatan ini untuk background check.

Utamakan keamanan

Pastikan kamu pergi dan pulang sendiri, bertemu di tempat umum, siapkan telepon genggam dan informasikan kencan ini ke teman/keluarga. Akan lebih baik kalau punya exit plan.

Tetapkan batasan pribadi (personal boundaries) dengan tegas

Batasan pribadi yang perlu diperhatikan adalah materi (harta benda, uang, usahakan bayar sendiri-sendiri di kencan pertama), emosional (jika kencan kamu merasa sedih atau merah, kamu tidak bertanggung jawab membuatnya menjadi tenang), fisik (katakan “tidak” jika ada sentuhan yang tidak kamu inginkan).

Selain itu, waktu dan energi (hargai jadwal dan energi kamu sendiri, jangan biarkan seseorang yang memaksa kamu untuk menghabiskan waktu atau energimu yang berharga ketika kamu tidak menginginkannya. Akan lebih baik kalau kamu punya batasan waktu kencan pertama, misal: tidak lebih dari 1 jam).

Siapkan topik-topik pembicaraan

Sebelum bertemu, sebaiknya siapkan topil pembicaraan. Kamj bisa mulai dengan mempelajari profilnya dan mencatat, hal-hal penting apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut dari dia dan hal-hal apa yang ingin kamu ceritakan ke dia. Simpan informasi pribadi untuk nanti, mulailah dari hal-hal yang general.

Percayalah pada firasat atau intuisimu

Jika kencanmj tampaknya terlalu baik untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu. Jika kamu merasa tidak nyaman, hentikan interaksi sejenak, tarik nafas, dan gunakan logika.

Artikel Pilihan