Menu

Jangan Ketuker, Yuk Pahami Perbedaan CT Scan dan USG, Apa Saja Sih?

04 Mei 2023 16:25 WIB

Kolase CT Scan dan USG (Berbagai Sumber)

HerStory, Jakarta —

Dalam dunia medis, teknik pencitraan kesehatan penting dilakukan guna mengevaluasi kondisi organ dalam, seperti otak, paru, jantung, lambung, hati, rahim, dan sebagainya.

Seperti kita ketahui, teknik pencitraan yang umum digunakan adalah CT Scan dan Ultrasonography (USG). Meski sama-sama berfungsi scanning, keduanya memiliki kemampuan berbeda lho. 

Baik dari segi teknologi dan fungsinya, banyak perbedan signifikan dari CT Scan dan USG. Berikut ini penjelasan lengkap terkait perbedaan CT Scan dan USG sebagaimana sudah HerStory kutip dari Innovative Opern MRI & Imaging, Kamis (4/5/2023). 

1. Paparan Radiasi

USG bekerja dengan menggunakan gelombang suara frekensi tinggi untuk menghasilkan gambar struktur internal. Perlu diketahui Beauty, USG tak memiliki paparan radiasi sehingga aman untuk Moms hamil

Sementara itu, CT Scan memiliki paparan radiasi. Adapun jumlahnya hampir sama dengan rata-rata radiasi lingkungan dalam 3-5 tahun. 

Sebab itu, jenis pencitraan CT scan tak dianjurkan untuk wanita hamil atau anak-anak.

2. Deteksi Gambar

Perbedaan lainnya antara CT Scan dan USG adalah dari deteksi gambar. Umumnya, USG memiliki keterbatasan untuk mendeteksi organ dalam. 

USG tak dapat digunakan untuk mengevaluasi struktur tulang. Sebaliknya, CT Scan dapat memberikan gambar rinci dari jaringan lunak, tulang, hingga pembuluh darah. 

USG secara rutin digunakan dalam perawatan prenatal dan prosedur lain, seperti pengangkatan batu empedu atau batu ginjal. Sementara CT Scan lebih digunakan untuk mendeteksi tumor kanker tertentu atau kelainan dalam tubuh. 

3. Prosedur Pencitraan

Teknik USG menggunakan probe atau disebut transduser yang ditempatkan langsung pada kulit atau di dalam tubuh, seperti USG transvaginal. Sebelum transduser ditempatkan pada tubuh, lapisan tipis gel dioleskan ke kulit. 

Itu memungkinkan gelombang suara ditransmisikan melalui gel dan ke dalam tubuh. USG biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk diselesaikan.

Sementara itu, CT scan menggunakan serangkaian gambar sinar-X untul mengambil gambar dari sudut berbeda. Menggunakan teknologi pemrosesan komputer, X-ray menampilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani

Artikel Pilihan