Menu

Baik untuk Kesehatan Wanita, Simak 3 Manfaat Air Serai yang Nggak Banyak Orang Tahu, Apa Saja Nih?

08 Mei 2023 14:40 WIB

Daun serai (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Rembang —

Moms pasti sudah nggak asing dengan tanaman serai bukan? Jenis tanaman ini digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk berbagai masakan. Seperti diketahui, batang serai mengeluarkan aroma yang khas dan dipercaya ampuh mengobati berbagai penyakit kronis, seperti darah tinggi, kolesterol, hingga masalah pencernaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat daun serai untuk kesehatan yang perlu diketahui. Yuk Moms intip! Apa saja ya?

1. Mengobati flu

Batang serai dan kayu manis mengandung antioksidan serta antibakteri yang sangat baik dalam melawan bakteri berbahaya, memperbaiki aliran darah, dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Batang serai dan kayu manis juga memberikan suhu hangat alami, dalam tubuh, sehingga hanya dalam 20 menit mengonsumsinya bisa mengatasi gejala flu seperti sakit tenggorokan, solusi batuk, bersin dan juga hidung tersumbat.

2. Mengatasi PMS

Premenstrual syndrome atau PMS yang menimbulkan kram dan nyeri pada area perut ini bisa diatasi dengan manfaat kalsium, mangan dan juga serat yang terkandung dalam air rebusan daun serai dan kayu manis.

Selain itu, dalam daun serai juga mengandung antipasmodik dan antiinflamasi yang bisa mengurangi rasa sakit secara signifikan.

3. Detoksifikasi Tubuh

Batang serai dikenal sebagai diuretik yang bisa melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar bisa membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Minum air rebusan serai dicampur kayu manis ternyata bisa memiliki efek diuretik, yang berarti merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urin.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh bisa bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari