Menu

Kata Ahli, Mandi dengan Air Dingin saat Cuaca Panas Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya Beauty, Simak Yuk!

10 Mei 2023 09:15 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang mandi. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, saat ini cuaca di Indonesia terasa lebih panas dari biasanya. Hal tersebut menimbulkan kehebohan di tengah masyarakat, termasuk kamu Beauty?

Biasanya, saat cuaca panas yang paling dicari adalah minuman dingin. Namun tak hanya minuman dingin, berdiam diri di ruangan ber-AC dan mandi juga jadi pilihan beberapa orang saat udara panas.

Lantas, apa diperbolehkan terlalu sering mandi saat cuaca panas?

"Sebenarnya mandi terlalu sering di cuaca panas sah-sah saja dilakukan. Walau sebenarnya mandi yang maksimal diperbolehkan adalah dua kali sehari," jelas dr. Kardiana Dewi, Sp.KK dalam siaran persnya, Selasa (9/5/2023).

Namun, jika kamu memiliki aktivitas yang cukup panas, badan terasa lengket dan kotor, maka diperbolehkan. Tak hanya membuat badan jadi lebih segar, juga lebih bersih.

"Tapi ya kalau aktivitasnya padat dan jelas kotor, ya boleh 2-3 kali, gak apa-apa, tetapi perhatikan suhu airnya, sebaiknya mandi dengan air dingin," tambah dr. Dewi.

Di cuaca panas seperti saat ini, sebaiknya kita menghindari mandi dengan air panas. Pasalnya, air panas dapat menghilangkan kelembapan kulit.


Air panas membuat kulit menjadi lebih berisiko kering yang nantinya bisa memicu gatal. Selain itu, mandi air dingin juga bisa menyegarkan di tengah cuaca yang panas sehingga lebih baik dilakukan.

Agar terhindar dari masalah kulit lainnya, dr. Dewi menyarankan kita untuk menggunakan sabun dengan kandungan yang gak terlalu kuat atau gak terlalu banyak deterjen.

Tujuannya agar gak menimbulkan iritasi pada kulit.

"Kalau pakai sabun jangan yang terlalu kuat (banyak deterjen), kalau untuk mandi sering, apalagi kalau tempat tinggalnya yang gak pakai AC, seperti kipas. Mandi pakai air dingin gak apa-apa. Begitu juga menggosok tubuh, jangan kuat-kuat amat, lembut aja," tutup dr. 

Artikel Pilihan