Menu

Selain Memberikan Kesegaran, Intip Sederet Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Pas Dikonsumsi saat Musim Pancaroba!

10 Mei 2023 10:00 WIB

Seorang wanita sedang meminum air kelapa. (Freepik/anslla)

HerStory, Jakarta —

Beberapa wilayah Indonesia mengalami perubahan musim yang cukup signifikan. Salah satunya DKI Jakarta yang kini cuacanya sudah cukup panas. 

Nah Beauty, dalam kondisi ini, kamu harus memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik supaya gak menimbulkan risiko penyakit berkepanjangan.

Salah satu minuman menyegarkan yang dapat membantu tubuh terhidrasi selama musim panas adalah air kelapa

Air kelapa berbentuk cairan bening yang ditemukan di dalam kelapa hijau muda. Gak sekadar menyegarkan, air kelapa juga kaya nutrisi yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. 

Berikut ini deretan manfaat air kelapa untuk kesehatan di tengah musim pancaroba, yang sudah HerStory kutip dari Only My Health, Rabu (10/5/2023).

1. Menghidrasi Tubuh

Salah satu manfaat paling utama dari air kelapa adalah menghidrasi. Perlu diketahui Beauty, air kelapa mengandung elektrolit penting seperti kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. 

Nutrisi tersebut dapat membantu mengisi kembali cairan dan elektrolit yang hilang karena berkeringat. Minum air kelapa di pagi hari dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Membantu Penurunan Berat Badan

Beauty, jika kamu sedang dalam proses penurunan berat badan, air kelapa adalah salah satu cairan tepat untuk dikonsumsi. Selain kandungannya yang menghidrasi, air kelapa juga gak mengandung lemak serta rendah kalori. 

Gak seperti minuman manis lainnya, seperti soda atau jus, air kelapa menjadi alternatif alami yang sehat dapat membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.

3. Kaya Nutrisi 

Nutrisi air kelapa gak cuma menghidrasi lho, Beauty. Terdapat kandungan mineral lainnya, seperti kalium, kalsium, dan magnesium. 

Mineral ini dapat membantu mengatur tekanan darah, mendukung kesehatan tulang, dan meningkatkan fungsi otot.

4. Melancarkan Pencernaan

Manfaat lain dari air kelapa adalah dapat meningkatkan pencernaan. Sebab, cairan ini mengandung enzim alami yang dapat membantu memecah makanan serta meningkatkan penyerapan nutrisi lebih baik. 

Gak cuma itu Beauty, air kelapa juga mengandung serat, yang dapat membantu mengatur buang air besar dan mencegah sembelit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Perubahan musim sangat mengganggu metabolisme sehingga gak jarang tubuh mengalami gangguan kesehatan. Nah, air kelapa merupakan cairan yang dapat menguatkan imun tubuh secara alami. 

Air kelapa bersifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya dan mengurangi stres oksidatif. Gak cuma itu cairan kelapa mengandung sitokin, yang merupakan protein untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.