Menu

Waspadai! Kenali Sederet Ciri-ciri Penyakit Autoimun Kulit, Bisa Juga Menyerang Alat Kelamin, Yuk Mulai Peka!

10 Mei 2023 10:30 WIB

Ilustrasi penyakit autoimun kulit (iStockphoto/helivideo)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pernah mendengar penyakit autoimun? Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang tubuh.

Di mana sistem kekebalan tubuh umumnya akan melindungi dari kuman seperti bakteri dan virus dengan cara membedakan antara sel asing dan sel tubuh sendiri.

Namun pada tubuh yang menderita autoimun, sistem kekebalan tubuh tak bisa membedakan sel tubuh sendiri dan sel asing. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengeluarkan protein yang disebut autoantibodi, yang menyerang sel-sel sehat.

Penyakit satu ini dapat dialami di hampir seluruh jaringan dan organ tubuh seseorang. Salah satunya kulit, sehingga sistem imun tubuh akan menyerang sel sehat dari organ.

Di kondisi tersebut, tubuh akan bereaksi dengan sejumlah ciri-ciri. Apa saja ciri-ciri penyakit autoimun kulit?

Kulit manusia terdiri dari lima lapisan yang berbeda. Dua lapisan paling atas umumnya paling sering terdampak autoimun. Yakni lapisan epidermis (lapisan terluar) dan dermis (lapisan yang mengandung sel-sel vital, jaringan, dan struktur).

Kondisi ini menyebabkan antibodi yang dihasilkan tubuh menyerang sel kulit dan jaringan kolagen. Kulit pun bisa membentuk luka lepuh (kantong berisi cairan).

Pada beberapa kondisi, kulit yang lepuh bisa pecah dan menyebabkan luka terbuka. Ada beberapa ciri-ciri penyakit autoimun kulit yang perlu diwaspadai antara lain:

  1. Kulit bersisik, radang kulit, kulit gatal, ruam kecil dan berwarna merah di kulit. Selain itu, juga terjadi jaringan parut kulit, kulit kering dan pecah-pecah, luka terbuka, buku menebal, berlubang, atau bergerigi
  2. Pada beberapa kondisi, luka tersebut juga bisa terbentuk pada selaput lendir, seperti kerongkongan, tenggorokan, bagian dalam mulut dan saluran hidung, alat kelamin, atau bahkan anus.
  3. Penyakit autoimun kulit terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:
  4. Psoriasis, yaitu suatu kondisi autoimun kronis yang membuat sistem kekebalan tubuh terlalu aktif dan mempercepat pertumbuhan sel kulit.
  5. Skleroderma, yaitu suatu kondisi autoimun yang menyerang jaringan ikat. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penebalan dan pengerasan kulit.
  6. Dermatomiositis, yaitu suatu kondisi autoimun yang mempengaruhi otot dan kulit.
  7. Penyakit behcet, yaitu kelainan langka yang menyebabkan peradangan pembuluh darah di seluruh tubuh sehingga menimbulkan terjadinya sariawan, radang mata, ruam kulit, dan lesi genital.
  8. Pemfigus, yaitu jenis penyakit autoimun kulit yang dapat membuat kulit melepuh atau benjolan berisi nanah.

Nah Beauty, Itulah ulasan tentang ciri-ciri penyakit autoimun kulit dan jenis penyakitnya yang perlu diwaspadai.