Menu

Olahan Rumah Ini Pantang Untuk Dihangatkan Kembali, Berisiko Buruk Untuk Kesehatan, Moms!

10 Mei 2023 17:58 WIB

Telur (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Senang mengonsumsi makanan dalam keadaan hangat, tak jarang membuat masyarakat terbiasa menghangatkan beragam makanan yang sudah lama dimasak.

Namun ternyata, beberapa makanan justru membuat efek samping yang tak baik ketika kembali dipanaskan, bahkan ada yang sampai mengeluarkan racun lho, Moms.

Berikut deretan makanan rumahan yang sebaiknya tak dihangatkan:

1.Telur

Makanan yang kaya akan protein ini akan mengalami kerusakan serius jika terkena panas berkali-kali. Setelah telur matang, disarankan untuk segera dimakan dan tak disimpan terlalu lama atau dipanaskan kembali.

Memakan telur dalam kondisi sekali masak mengandung banyak nitrogen, sebaliknya, jika melalui pemanasan ulang, nitrogen tersebut akan teroksidasi hingga menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker.

2.Olahan sayur

Menurut Dokter spesialis gizi klinik MRCCC Siloam Hospital, dr Inge Permadhi, olahan sayur sangat tidak disarankan untuk dipanaskan ulang setelah dimasak.

"Makanan seperti sayur sebaiknya memang dimasak dan tidak dihangatkan kembali," ujar Inge.

Jika sayur mengalami proses pemanasan kembali, kandungan zat atau gizinya cenderung berkurang.

3.Ayam

Makanan yang satu ini memang lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Namun, komposisi protein dalam makanan ini bisa benar-benar berubah saat dipanaskan berkali-kali dan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan

Artikel Pilihan