Menu

4 Cara Alami Cegah Perkembangbiakan Nyamuk saat Cuaca Tak Menentu, Catat Ya Moms!

11 Mei 2023 09:45 WIB

Nyamuk sedang menghisap darah di kulit manusia. (Pixabay/mika mamy)

HerStory, Jakarta —

Sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki musim panas. Kendati demikian, hujan masih kerap mengguyur sejumlah wilayah sehingga menyebabkan perkembangbiakam nyamuk. 

Selain mengganggu aktivitas karena bunyinya, serangga penghisap darah ini juga berbahaya, lho Moms. Sebab, nyamuk bisa membawa penyakit bagi manusia, seperti gatal-gatal hingga demam berdarah

Perlu diketahui Moms, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk sangat erat hubungannya dengan curah hujan.

Meski demikian, Moms bisa menghalau perkembangbiakan nyamuk secara alami guna mencegah penularan penyakit. 

Berikut metode alami untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, yang sudah HerStory kutip dari Odomos, Kamis (11/5/2023).

1. Bersihkan Genangan Air 

Curah hujan menyebabkan terbentuknya genangan air di dalam ban, pot, lubang, tempat sampah, dan bahan lain yang tidak digunakan. 

Air merupakan tempat yang dibutuhkan nyamuk untuk menetaskan telur menjadi larva. Nyamuk betina mencari lokasi yang lembab untuk bertelur. 

Larva atau wigglers, memakan bahan organik dalam air tergenang dan menghirup oksigen dari permukaan. Itu sebabnya membersihkan genangan air adalah salah satu bentuk pengendalian nyamuk paling sederhana dan efektif.

2. Gunakan Kapur Barus

Kamper atau kapur barus dapat membantu mengusir nyamuk karena aromanya. Letakkan kapur barus di teras rumah atau di beberapa sudut ruangan. 

Pastikan Moms menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan, ya.

3. Gunakan Tanaman Alami

Meletakkan tanaman di teras rumah atau di dalam ruangan merupakan solusi alami mencegah perkembangbiakan nyamuk. Tanaman lavender disebut memiliki beberapa khasiat obat, salah satunya menghalau nyamuk memasuki rumah. 

Jadi, Moms bisa menanam lavender di luar atau di dalam rumah untuk hiasan sekaligus bahan alami mengusir nyamuk. 

4. Gunakan Bawang Putih 

Bawang putih terbukti secara ilmiah memiliki unsur-unsur tertentu untuk mengusir nyamuk secara alami. Rasa dan bau bawang putih yang menyengat bisa menjauhkan nyamuk. 

Dalam menggunakan bawang putih sebagai obat nyamuk, Moms hanya perlu menghancurkan dan merebusnya. Lalu semprotkan larutan bawang putih ke beberapa sudut ruangan untuk mencegah diri dari nyamuk.