Menu

Tubuh yang Mudah Lelah Salah Satu Tanda Kamu Kekurangan Vitamin C, Lho! Jangan Disepelekan, Intip Ciri Lainnya Di sini...

15 Mei 2023 21:05 WIB

Ilustrasi wanita sedang lelah (Shutterstock/Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Vitamin C merupakan nutrisi paling penting yang dibutuhkan tubuh. Dikenal sebagai asam askorbat, vitamin C penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh dah memperkuat sistem kekebalan. 

Sebab itu, kekurangan vitamin C menjadi masalah serius yang gak boleh dianggap sepele. Menurut National Institutes of Health (NIH) asupan harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh setidaknya 90 ml untuk pria dewasa dan 75 mg bagi wanita.

Nah Beauty, apabila kebutuhan vitamin C bagi tubuh gak terpenuhi maka berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu penting untuk kamu menyadari apa saja tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin C. 

Biar kesehatan tetap terjaga, berikut ini tanda-tanda badan kekurangan vitamin C, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Sci Tech Daily, Senin (15/5/2023). 

1. Penyambuhan Luka Melambat

Seperti diketahui, vitamin C bersifat antioksidan yang mampu melindungi sel tubuh dari stres oksidatif serta melawan infeksi. 

Gak cuma itu, antioksidan juga membantu penyembuhan luka serta mendukung produksi kolagen sehat. Kolagen tersebut membantu menjaga persendian dan kulit tetap sehat. 

2. Mudah Lelah

Beauty, pernahkah kamu sering merasa lesu dan mengalami penurunan stamina? Ini kemungkinan besar tubuh kekurangan vitamin C. 

Perlu diketahui, vitamin C membantu penyerapan zat besi untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Nah, fungsi tersebut membantu tubuh merasa lebih energik. 

3. Gusi Berdarah

Tanda umum lainnya tubuh kekurangan vitamin C adalah pendarahan pada gusi. Sebab, jika kekurangan vitamin C maka gusi sangat rentan meradang akibat pembuluh darah di sekitarnya melemah. 

4. Mudah Memar

Beauty, saat tubuh mudah memar kamu harus segera memerhatikannya ya. Sebab, ini karena kebutuhan vitamin C yang tak mencukupi mengakibatkan berkurangnya produksi kolagen. 

5. Tulang Melemah

Kekurangan vitamin C juga dapat memengaruhi kesehatan tulang lho, Beauty. Sejumlah penelitian menunjukkan, kekurangan vitamin C meningkatkan risiko patah tulang hingga osteoporosis.