Menu

Penyakit Kronis Rontok, Inilah 5 Manfaat Kangkung Bisa Bantu Jadi Obat Anti Diabetes!

16 Mei 2023 07:15 WIB

Tumis kangkung. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Makan sayur-sayuran tentu sangat diperlukan oleh tubuh karena mengandung banyak serat dan vitamin yang baik. Salah satu sayuran yang populer adalah kangkung, hampir di banyak restoran pasti menyajikan menu dari kangkung. Namun siapa sangka, ternyata Kangkung bisa jadi obat dari berbagai macam penyakit.

Rupanya bukan hanya enak dikonsumsi, tenryata kangkung mengandung banyak kandungan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi.

Bahkan dalam secangkir kangkung yang sudah disiangi (kira-kira 56 gram), Anda bisa memenuhi 70 persen kebutuhan vitamin A harian serta 51 persen kebutuhan vitamin C harian. 

Selain itu, kangkung juga kaya akan berbagai mineral penting seperti kalium sebanyak 250,1 miligram (mg), 67 mg kalsium, 2,3 mg zat besi, 65 mg natrium, serta 54 mg fosfor. Meskipun kaya akan berbagai nutrisi penting, kangkung merupakan jenis sayuran yang rendah kalori.

Sebelum dimasak, secangkir daun bayam air hanya mengandung 11 kalori. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman JPNN.com pada Selasa,(16/5/2023).

1. Menjaga kesehatan mata

Kangkung kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan sehingga mata tidak kering.

2. Mengobati anemia

Untuk penderita penyakit anemia, selain mengonsumsi obat kamu bisa makan kangkung. Sayur ini memiliki kandungan zat besi juga baik untuk penderita anemia. Karena zat besi merupakan mineral yang sangat penting dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk meningkatkan sel darah merah untuk memproduksi hemoglobin.

3. Antidiabetes

Menurut beberapa pakar kesehatan, mengonsumsi kangkung secara baik dan benar bisa mengembangkan resistensi terhadap diabetes yang didasari rasa stres oksidatif. Tak hanya itu, kangkung juga merupakan salah satu obat yang bisa dikonsumsi penderita penyakit diabetes walau sedang dalam masa kehamilan.

4. Mengurangi kolesterol

Untuk yang ingin menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, menu sayur kangkung bisa menjadi pilihan. Kangkung diketahui bisa mengurangi kadar kolesterol secara alami. 5. Perlindungan dari penyakit jantung Kangkung yang memiliki nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan betakaroten konsentrasi tinggi bisa bermanfaat sebagai antioksidan, guna mengurangi radikal bebas. Sehingga bisa mencegah kolesterol teroksidasi yang bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung hingga stroke.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.