Menu

Kenali 3 Tanda Utama Pasangan Selingkuh Menurut Pakar, Apa Saja Sih?

16 Mei 2023 11:40 WIB

Ilustrasi seorang pria sedang berselingkuh. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Depok —

Isu perselingkuhan figur publik Tanah Air kini sedang hangat diperbincangkan. Akibatnya, banyak wanita memiliki kekhawatiran terhadap pasangannya. 

Tak sedikit wanita mulai memerhatikan gerak gerik pasangan karena takut diselingkuhi. Beauty, memang tak mudah dalam mengidentifikasi tindakan menyakitkan ini. 

Namun, umumnya seseorang yang berselingkuh menunjukkan sejumlah perubahan perilaku. Salah satunya adalah bahasa tubuh yang kerap gelisah karena takut tindakannya terungkap. 

Berikut ini sejumlah tanda utama pasangan berselingkuh menurut para pakar sosial mengutip dari Best Life, Selasa (16/5/2023). 

1. Perubahan Rutinitas yang Drastis

Pakar sosial dari Gallus Detox Centers, Amerika Serikat, Steve Carleton, mengungkapkan, seseorang yang selingkuh umumnya menunjukkan perubahan rutinitas drastis. Mereka cenderung tak betah di rumah dan menunjukkan kegelisahan. 

Jika pasangan mulai menghabiskan waktu lebih banyak di luar atau beralasan kerja lembur, itu bisa jadi ada sesuatu yang terjadi,” ucap Carleton. 

Menurut survei pada 2023 oleh Illicit Ecounters, beberapa alasan utama yang digunakan saat orang berselingkuh adalah pergi ke gym dan berjalan-jalan tanpa alasan. 

Jenis perilaku ini sering diabaikan karena kebanyakan orang menganggap pasangan mereka hanya sibuk dengan pekerjaan atau kewajiban lainnya padahal itu indikator,” tutur Charleton.

2. Perubahan Suasana Hati yang Drastis

Gak cuma rutinitas, orang yang berselingkuh juga memiliki perubahan suasana hati cukup drastis. Mereka dapat tiba-tiba marah, stres, dan mudah tersinggung. 

Menurut terapis dari Changing Seasons Therapy, di Tuscalooas Alabama, LaTonya P. Washington, perubahan suasana hati tersebut terjadi karena seseorang menghindari keintiman emosional dan seksual dengan pasangannya. 

Namun suasana hati seseorang yang berselingkuh bisa saja positif. Seperti pola lebih sehat untuk terlepas dari perhatian pasangannya,” kata Washington. 

Meski demikian, tanda ini gak cukup dikenali karena dianggap sebagai kebiasaan baik. 

Tanda halus ini diabaikan karena kebanyakan dari kita melihat kebaikan pada pasangan. Sayangnya, pergeseran ini bisa disebabkan oleh euforia yang terkait dengan memulai romansa baru,” tegas Washington.

3. Suka Menuduh

Kebiasaan lainnya dari pasangan yang berselingkuh adalah suka menuduh. Mereka cenderung melakukan ‘gaslighting’ klasik untuk menutupi kesalahannya. 

Ahli kesehatan mental Just Answer, Jennifer Kelman menyebut, seseorang yang menyembunyikan kesalahannya akan memutar balikkan keadaan agar mereka tetap pada posisi benar. 

Mereka melakukan hal tersebut untuk menyembunyikan kekalahannya. Orang yang menyembunyikan perselingkuhannya akan membuat Anda tampak gila karena telah menuduh mereka,” tutup Kelman. 

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani