Menu

Bikin Kulit Gampang Berjerawat, 4 Makanan ini Wajib Kamu Hindari saat Musim Panas, Beauty Wajib Tahu!

17 Mei 2023 15:20 WIB

Ilustrasi buah mangga. (Unsplash/Avinash Kumar)

HerStory, Depok —

Beauty, musim panas gak cuma memengaruhi kesehatan tubuh bagian dalam. Sejumlah masalah kulit, seperti jerawat kerap muncul karena meningkatnya paparan sinar ultraviolet (UV). 

Nah, saat udara panas, kulit wajah cenderung berminyak sehingga rentan menyebabkan jerawat. Kendati demikian, ada cara ampuh untuk mencegah jerawat secara efektif terutama saat musim panas. 

Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan. Ada beberapa makanan yang wajib kamu hindari untuk mencegah kulit wajah berjerawat saat musim panas. 

Berikut ini deretan makanan penyebab kulit berjerawat, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Food NDTV, Rabu (17/5/2023). 

1. Mangga

Mangga memang memiliki rasa menyegarkan sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Namun faktanya, terlalu banyak makan mangga ternyata dapat menyeabkan kulit berjerawat lho. 

Konsumsi mangga berlebihan dapat menyebabkan pelepasan sebum tinggi. Nah, hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat kulit.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas memang selalu lezat untuk dinikmati. Namun baiknya, kamu harus menghindari makanan pedas di musim panas.

Saat udara panas, tubuh sudah bersuhu tinggi. Nah, rempah-rempah dalam makanan pedas menghasilkan panas di dalam tubuh. 

Panas tersebut bisa menyebabkan jerawat dan ruam pada kulit kita. Jadi, baiknya konsumsi makanan yang setidaknya dapat mendinginkan suhu tubuh. 

3. Makanan Tinggi Minyak

Beauty, kamu pasti menyukai gorengan untuk dijadikan camilan. Namun, makanan yang digoreng mengandung minyak tinggi sehingga dapat memicu jerawat lho. 

Selain itu, gorengan juga tinggi kalori yang membuat indeks glikemik naik. Nah, efek itu membuat peningkatan kelenjar minyak berlebih pemicu pertumbuhan jerawat. 

4. Makanan atau Minuman Tinggi Gula

Minuman manis dengan es memang dapat memuaskan dahaga kita. Sayangnya, minuman dengan sarat gula tak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. 

Gula juga memengaruhi kesehatan kulit kita lho, Beauty. Konsumsi gula berlebihan dapat memperburuk kondisi jerawat dan mengakibatkan peradangan kulit.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani