Menu

Kebiasaan Buruk Anak Muda Ini Bisa Picu Hipertensi, Ada yang Sering Beauty Lakukan Nggak Nih?

17 Mei 2023 16:40 WIB

Ilustrasi memeriksa tekanan darah. (Pixabay/Steve Buissinne)

HerStory, Rembang —

Tekanan darah tinggi alias hipertensi tak hanya menyerang mereka yang berusia lanjut. Ya, anak muda juga bisa mengidap penyakit ini Moms. Sebab, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa memicu penyakit ini.

Berikut ini beberapa penyebab hipertensi pada usia muda yang sering disepelekan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2023). Apa saja?

1. Malas berolahraga

Apakah kamu sering menghabiskan hari dengan banyak duduk dan rebahan Beauty? Kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan terutama akan mengancam seseorang mengidap hipertensi.

Sebaliknya, jika kamu aktif bergerak, tubuh akan menjaga kesehatan jantungmu dan juga menjaga tekanan darah. Yuk mulai sekarang biasakan berolahraga!

2. Hormon nggak stabil

Hormon memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh. Salah satu hormon yang memainkan peran penting dalam hal ini adalah hormon aldosteron. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar adrenal dan berfungsi mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Tapi, jika kadar hormon aldosteron tinggi, ini bisa memicu hipertensi Moms. Selain hormon aldosteron, hormon lain seperti adrenali, kortisol, dan tiroid juga berperan penting dalam menjaga naik turunnya tekanan darah. Untuk itu penting menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh ya Beauty.

3. Terlalu banyak makan junk food

Junk food menajdi makanan yang banyak digemari anak muda. Apakah kamu juga termasuk salah satunya Beauty? Selain mudah didapat, makanan ini juga memiliki rasa yang enak.

Sehingga banyak orang yang tidak mempertimbangkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Padahal, banyak makan junk food berisiko lebih tinggi terkena obesitas dan hipertensi.

4. Stres berlebihan

Hampir semua orang pernah mengalami stres. Kondisi ini ternyata juga bisa memicu hipertensi di usia muda Beauty. Sebab, kondisi ini menyebabkan peningkatan tekanan darah yang berulang-ulang serta stimulasi sistem saraf untuk menghasilkan lebih banyak hormon vasokontriksi yang bisa meningkatkan tekanan darah.

5. Merokok dan konsumsi alkohol

Bukan sebuah rahasial lagi jika rokok dan minum alkohol memberikan damapak yang buruk bagi kesehatan, termasuk menyebabkan hipertensi. Ini karena rokok dan minum alkohol memiliki efek dalam meningkatkan tekanan darah.

Itulah lima kebiasaan buruk yang dekat dilakukan mereka usia muda. Adakah yang sering kamu lakukan Beauty?

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari