Menu

Menarik Banget, Rayakan Sustaiable Week, P&G Indonesia Sulap Biji Plastik Jadi Instalasi Seni yang Indah, Bisa Jadi Inspirasi Nih!

17 Mei 2023 20:05 WIB

Instalasi Seni yang Terbuat dari Biji Sampah Produk P&G (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sampah plastik menjadi permasalahan yang hingga kini menjadi misi bersama dalam pengurangannya. Sebagai perusahaan yang P&G Indonesia berkomitmen kuat untuk melakukan daur ulang plastik menjadi suatu hal dengan nilai guna. 

Kali ini, P&G Indonesia melakukan upcycle biji plastik menjadi instalasi seni yang indah. Dengan melakukan renovasi, kini kantor P&G yang berlokasi di Sentral Senayan III, Jakarta Selatan kini dihiasi dengan produk hasil upcycle sampah plastik. 

Penasaran bagaimana hasil renovasi kantor P&G yang terbaru? Yuk, intip keseruan HerStory saat berkunjung di kantor P&G dalam rangka merayakan Sustainability Week pada Rabu (17/5/2023), berikut ini. 

1. Wall Decoration

Saat memasuki kantor P&G Indonesia, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dekorasi dinding atau wall decoration yang unik. Dekorasi dinding ini dibuat dengan mengolah biji plastik dari produk P&G dan meng-upcycle-nya.

Selain itu, biji plastik tersebut juga disulap menjadi gimmick, seperti sisir dan kaca, yang kerap dibagikan oleh pelanggan P&G. Jadi, nilai guna biji plastik akan bertambah dan gak sia-sia menjadi sampah. 

2. Pilar Climate 

Pada dinding dekorasi memang terpampang pilar utama P&G. Meski begitu, sepanjang lorong ada pula terpampang pilar P&G secara lebih detail. 

Pilar pertama merupakan ‘climate’ yang mana dijelaskan bagaimana pabrik P&G Indonesia telah mengaktifkan 100% listrik terbarukan dan merancang sistem transportasi yang lebih optimal, sehingga menghasilkan lebih sedikit jejak karbon.

3. Pilar Water

P&G Indonesia menerapkan metode daur ulang untuk mendorong efisiensi penggunaan air. Bahkan, ada juga produk yang dapat digunakan tanpa air guna mewujudkan komitmen efisien dalam penggunaan air. 

4. Pilar Waste

Di level hulu, pabrik P&G Indonesia telah konsisten mengelola sampah produksi melalui praktik Zero Waste to Landfilll sejak pertama kali beroperasi, dimana P&G memastikan tidak ada limbah produksi yang berakhir ke TPA (Tempat Pemrosesan Akhir).

Di level hilir, P&G juga menjalankan program Conscious Living, yaitu program pengumpulan dan pengelolaan sampah yang melibatkan masyarakat luas lewat aplikasi digital.

Nah, itu dia komitmen P&G sekaligus menjadi penghias kantor setelah direnovasi. Menarik banget, ya!

Artikel Pilihan