Menu

Mengenal 4 Macam Jenis Kuah Ramen Khas Jepang, Dari Creamy sampai Asin, Favoritmu yang Mana Nih?

19 Mei 2023 18:05 WIB

Ramen (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Ramen merupakan makanan khas Jepang yang juga sangat populer di Indonesia. Campuran kuah kaldu dan mie dengan isian daging sapi atau ayam menghasilkan cita rasa yang umami. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Ramen Halal di Jakarta, Rasa Autentik Harga Pas di Kantong!

Kepopulerannya di Tanah Air terbukti dari banyaknya kedai dengan ciri khas Jepang yang sangat otentik. Namun Beauty, sudahkah kamu mengetahui apa saja macam-macam kuah ramen yang ada di kedai? 

Umumnya, ada 4 macam kuah ramen yang tentunya memiliki cita rasa berbeda, ada pedas, manis, dan gurih. Nah, biar kamu gak keliru saat memesannya, berikut ini 4 macam jenis kuah ramen khas Jepang, yang sudah HerStory kutip dari Food & Wine, Jumat (19/5/2023). 

1. Shoyu

Shoyu merupakan jenis kuah ramen dengan campuran kecap asin khas jepang sehinga menghasilkan rasa yang ringan dan sedikit manis. Sebab itu, tampilan shoyu cenderung hitam dan gelap.

Adapun cara pembuatannya, biasanya para chef jepang merebus daging dan sayuran terlebih dahulu untuk mendapatkan kaldu. Selanjutnya, campur kuah kaldu dengan shoyu dan sajikan bersama mie. 

2. Shio  

Kuah ramen shio umumnya dibuat dari bahan dasar kaldu ayam atau daging sapi. Ramen ini memiliki aroma gurih dan lebih rendah lemak. 

Nah, kuah ini cocok untuk kamu yang gak suka rasa manis pada ramen nih Beauty. Shoyu cendereung asin daripada jenis kuah ramen lainnya. 

3. Miso

Seperti namanya, miso ramen dibumbui dengan pasta kedelai fermentasi. Jenis kuah ini memiliki rasa umami yang lebih tebal dari pada shio. 

Shio cenderung lebih bening sementara miso kuahnya kental dengan warna putih atau merah jika ditambahkan dengan cabai. 

4. Tonkotsu

Jenis kuah ramen ini identik dengan kental, lembut, dann rasanya yang kompleks. Di Jepang, kuah tonkotsu dibuat dari rebusan tulang dan lemak babi. 

Rebusan tersebut menghasilkan kaldu kental gurih pekat. Umumnya, tonkotsu disajikan bersama irisan cabai, daging dan sayur segar. 

Itu dia 4 jenis kuah ramen Jepang, jadi yang mana nih favorit kamu?

Artikel Pilihan