Menu

Mujarab Banget, Buah-buahan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tingg Moms, Wajib Coba Deh!

22 Mei 2023 08:09 WIB

Kulit buah jeruk. (bebeautiful.in/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi yang tak terkendali menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti stroke dan serangan jantung. Oleh sebab itu, seseorang yang mengidap penyakit ini harus benar-benar menjaga pola hidup sehat, terutama dalam mengonsumsi makanan.

Sebab, ada ebberapa makanan yang bisa menyebabakan kolesterol naik. Nah, buah-buahan dipercaya membantu menurunkan kolesterol tinggi berkat kandungan serat larut dalam air.

Salah satu jenis serat larut air dalam buah-buahan, yakni pektin, bisa membantu menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol ke dalam aliran darah. Lantas, apa saja buah yang mampu menurunkan kolesterol tinggi? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman Hello Sehat, Senin (22/5/2023).

1. Apel

Apel mengandung pektin terutama pada kulitnya. Pektin akan menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus. Kemudian, lemak akan dibawa keluar tubuh melalui urine dan feses. Apel juga tinggi kandungan vitamin dan antioksidan polifenol yang mampu mengurangi peradangan.

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal, Moms. Ini membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung.

Selain mengontrol kolesterol, studi dalam Nutrition Journal (2013) menemukan buah alpukat juga mampu memberikan rasa kenyang yang bertahan hingga 3–5 jam setelah dikonsumsi.

3. Pir

Kandungan serat buah pir lebih tinggi daripada buah apel. Sebagai gambaran, sebuah pir ukuran sedang mampu mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian tubuh.

Sama dengan apel, pir kaya kandungan pektin yang mengikat kolesterol dan mengangkutnya ke luar tubuh. Hasilnya, kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh bisa menurun.

4. Anggur

Anggur baik untuk mencegah gangguan metabolisme tubuh akibat radikal bebas. Efek ini dihasilkan oleh antioksidan yang tinggi dalam buah anggur. Antioksidan membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

5. Jambu biji

Jambu biji juga menjadi salah satu buah untuk menghilangkan kolesterol jahat (LDL). Kandungan kalium dan serat larut air dalam buah ini membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Selain itu, zat gizi ini juga menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah risiko penyakit jantung.

6. Jeruk

Jeruk kaya akan serat larut air sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Tingginya kadar vitamin C dalam buah jeruk juga membantu mencegah kelebihan kolesterol LDL sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Itulah beberapa buah yang dipercaya mampu membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selamat mencoba Moms, semaoga informasi ini bermanfaat ya!

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari