Menu

Brokoli Terbukti Bisa Turunkan Kadar Gula Darah, Perhatikan Cara Mengolahnya!

22 Mei 2023 17:15 WIB

Brokoli. (Pixabay/ExplorerBob)

HerStory, Depok —

Beauty, diabetes nggak lagi jadi penyakit yang mengincar orang dewasa. Banyak anak-anak dan remaja mengidap diabetes lantaran pola hidup gak sehat.

Sehingga pengidap diabetes harus memperhatikan asupan yang akan dimakan agar gula darah tetap terkontrol dalam batas normal.

Gula darah sendiri merupakan bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi sehingga berguna untuk kerja sistem saraf, otak dan seluruh organ tubuh.

Umumnya, gula darah ini berasal dari sumber-sumber makanan yang telah dikonsumsi. Sayangnya, kelebihan gula darah menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Kebanyakan orang yang mengalami kadar gula tinggi, harus suntik insulin agar kadar gula kembali normal. Tahukah Beauty, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa membantu kamu mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

Brokoli efektif turunkan kadar gula darah

Dilansir dari Healthline, ada beberapa makanan yang bisa menjadi obat alami menurunkan kadar gula darah, salah satunya brokoli.

Brokoli mengandung sulforaphane, yakni jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah. Sulforaphane dihasilkan ketika brokoli dicincang atau dikunyah karena reaksi antara senyawa glukosinolat yang disebut glukoraphanin dan enzim myrosinase.

Menurut penelitian, ekstrak brokoli kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat. Membantu meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi gula darah dan penanda stres oksidatif.

Sementara kecambah brokoli adalah sumber glukosinolat terkonsentrasi seperti glukoraphanin, dan terbukti membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2 ketika diekstrak.

Perhatikan cara pengolahan brokoli agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan optimal. Cara terbaik untuk meningkatkan ketersediaan sulforaphane adalah dengan menikmati brokoli dengan cara merebus atau kukus.

Kamu bisa merebus brokoli selama 1 hingga 1,5 menit dengan air mendidih agar warnanya tetap cerah. Jika ingin mengukusnya, kamu membutuhkan waktu sekitar 3-4 menit.