Menu

Gak Melulu Minum Obat, Ini 14 Jenis Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol, Nomor 6 Gak Disangka!

23 Mei 2023 11:10 WIB

Ilustrasi penyakit kolesterol (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, penting bagi kita untuk menjaga agar kadar kolesterol dalam darah tetap terkontrol. Pasalnya, kadar kolesterol tinggi sangat berisiko memicu penyakit jantung.

Hal ini terjadi karena kolesterol tinggi berisiko menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah, yang pada akhirnya berdampak pada aliran darah ke jantung.

Saat aliran darah gak lancar dan jantung menerima sedikit darah dengan tinggi oksigen, maka bisa menyebabkan penyakit jantung.

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, sebenarnya gak selalu harus meminum obat kimia lho, Beauty! Dirangkum HerStory, berikut makanan yang bisa menurunkan kolesterol:

1. Kacang-kacangan

Contohnya seperti kacang kenari, almond, atau hazelnut yang mengandung antioksidan untuk menurunkan kolesterol.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji chia, rami, gandum dan oat baik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan vitamin, mineral, dan serat bernama betaglukan.

3. Alpukat

Alpukat yang mengandung lemak tak jenuh mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah serta menjaga kesehatan jantung.

4. Ikan berlemak

Contohnya adalah salmon dan mackerel dengan sumber omega-3 yang tinggi, yang mampu membantu menurunkan kolesterol.

5. Beri-berian

Buah beri seperti anggur, stroberi, blueberry, raspberry, mengandung serat larut bernama pektin yang mampu menurunkan kolesterol hingga 10 persen.

6. Cokelat

Cokelat atau cocoa mengandung senyawa flavonoid yang membantu meningkatkan LDL dan menurunkan kolesterol.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

8. Teh

Karena kandungan antioksidan katekin yang tinggi, teh bisa mengatasi berbagai penyakit termasuk kolesterol tinggi.

9. Makanan kedelai

Makanan yang terbuat dari kedelai seperti tempe dan tahu baik untuk kesehatan, tak terkecuali menurunkan kadar kolesterol tinggi.

10. Sayur-sayuran

Sayuran seperti kubis, brokoli, seledri, asparagus, wortel, dan kembang kol bisa dipilih untuk mengatasi kolesterol tinggi.

11. Apel dan pir

Seperti buah beri, apel dan pir juga mengandung senyawa pektin yang ampun menurunkan kolesterol.

12. Buah citrus

Yang dimaksud buah citrus adalah jeruk, lemon, jeruk nipis yang mengandung d-limonene untuk melarutkan kolesterol tubuh.

13. Pisang

Kandungan serat dan insulin pada pisang baik dikonsumsi penderita kolesterol tinggi karena membantu melarutkan kolesterol sehingga tidak menyumbat aliran darah.

14. Pepaya

Selain mengandung serat tingg, pepaya juga mengandung antioksidan seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang juga bisa berperan menurunkan kolesterol.

Beauty, semoga informasi di atas bermanfaat, yah.