Menu

Moms Lama Menikah Tapi Belum Hamil? Ramuan Kunyit Bisa Jadi Solusi yang Tepat, Mau Coba?

24 Mei 2023 07:38 WIB

Kunyit (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sudah lama menikah tapi belum hamil? Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh masalah kesuburan atau infertilitas. Siapapun bisa mengalaminya, baik laki-laki maupun perempuan. 

Nah, biasanya dokter akan meresepkan obat atau suplemen tertentu untuk mengatasi hal ini. Kamu juga bisa menambahkan obat herbal alami agar cepat hamil lho Moms. Tapi ramuan ini tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan.

Ya, Moms butuh persetujuan dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah lainnya pada tubuh. Berkaitan dengan kesuburan, beberapa studi memperlihatkan bahwa beberapa tumbuhan atau bahan alami lainnya mempunyai efek bagus terhadap kesuburan, salah satunya ialah kunyit.

Kunyit telah dijadikan sebagai pengobatan di India sejak 4.000 tahun yang lalu. Pada penelitian selama 25 tahun terakhir, obat herbal ini juga bermanfaat untuk penyubur kandungan.

Hal ini pun sejalan dengan kemungkinan kunyit dapat meningkatkan ovulasi, mencegah komplikasi kehamilan tertentu, sekaligus menjaga kualitas cairan pria.

Hasil ini diterbitkan Journal of Reproduction and Infertility yang menunjukkan bahwa kunyit dapat meningkatkan ovulasi pada perempuan dengan sindrom ovarium polikistik.

Nah, untuk mengonsumsinya, Moms bisa sesuaikan dengan selera seperti mencampurkannya dengan asam jawa, jahe, madu, dan bahan dapur lainnya. Konsumsi kunyit boleh saja dilakukan setiap hari selama tidak melebihi 490 mg per hari untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Tapi, kunyit bukan satu-satunya solusi untuk meningkatkan kesuburan ya Moms. Kmau tetap perlu menerapkan program hamil lainnya, seperti memiliki pola hidup sehat, banyak mengonsumsi makanan penyubur kandungan, rutin olahraga, tidur cukup yang tertaur, cukupi kebutuhan air putih, serta kelola stres dengan baik.