Menu

Agar Nutrisi dari Vitaminnya Tetap Baik, Begini 5 Cara Tepat Simpan Semangka supaya Segar Lebih Lama, Cuss Praktekin!

24 Mei 2023 09:35 WIB

Buah semangka. (Unsplash/Art Rachen)

HerStory, Jakarta —

Semangka menjadi buah andalan untuk dikonsumsi, terutama saat musim panas. Kandungan airnya yang tinggi sangat cocok membantu mencegah dehidrasi sekaligus melepas dahaga. 

Selain itu semangka mengandung berbagai nutrisi, antara lain vitamin A, C, Kalium, zinc dan lainnya. Nah, jika semangka gak disimpan dengan benar gizi serta nutrisinya akan cepat hilang, lho Beauty.

Sebab itu, jika kamu memiliki stok semangka di rumah, perhatikan cara menyimpannya. Biar gak keliru, berikut ini tips menyimpan semangka agar segar lebih lama, sebagaimana sudah HerStory kutip dari Tips Bulletin, Rabu (24/5/2023). 

1. Simpan pada Suhu Ruangan

Jika kamu masih memiliki sisa semangka di rumah, cara terbaik untuk menyimpannya adalah di suhu ruangan. Ini membantu mempertahankan nilai gizi semangka. 

Gak cuma itu, menyimpan semangka di suhu ruangan membuat proses pematangan lebih cepat. Kendati demikian, pastikan suhu ruangan sejuk atau gak terlalu panas dan hindari paparan sinar matahari langsung, ya. 

2. Bungkus dengan Plastik Sebelum Masuk Kulkas

Nah, jika kamu ingin menyimpan semangka di dalam kulkas, pastikan dibungkus terlebih dahulu menggunakan plastik cling wrap.

Namun, jika semangka telah dipotong-potong, simpan menggunakan wadah kedap udara lalu masukkan ke dalam kulkas. Ini mencegah semangka mengering dan menjaga kelembapannya. 

3. Jangan Pisahkan Kulitnya

Hal lain yang perlu dilakukan saat menyimpan semangka adalah jangan memisahkan kulitnya. Sama seperti bungkus plastik, kulit semangka membantu menjaga kelembapannya dan mencegah mengering. 

Gak cuma itu, kulit semangka juga membantu mempertahankan nilai gizi serta rasanya. 

4. Jangan Simpan dengan Apel Dan Pisang

Tahukah Beauty, semangka ternyata gak boleh disimpan satu tempat dengan apel dan pisang. Sebab, dua buah tersebut melepaskan gas etilen yang dapat memercepat proses pematangan semangka. 

5. Bekukan 

Jika ingin semangka bertahan lebih lama, kamu bisa menyimpannya di dalam freezer Beauty. Caranya, pisahkan semangka dari kulitnya dan potong dadu lalu simpan di freezer. 

Namun, pastikan semangka masuk ke wadah kedap udara, seperti toples. Melalui cara ini, semangka dapat bertahan selama sekitar 6 hingga 8 bulan namun teksturnya sedikit berubah.