Menu

Moms Wajib Tahu, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Anak ala Dokter Reisa, Nomor 3 Sering Disepelekan!

24 Mei 2023 10:05 WIB

Dokter Reisa Broto Asmoro saat memberikan tips menjaga kesehatan anak, (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kesehatan anak merupakan hal paling penting untuk Moms perhatikan. Sejatinya, ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh si kecil. 

Gas cuma faktor makanan saja, kondisi mental anak sangat berpengaruh pada imunitas. Oleh karena itu, anak sangat rentan terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan paparan virus dan bakteri. 

Dokter sekaligus Momsfluencer, Reisa Broto Asmoro mengungkapkan, dalam hal ini penting bagi para Moms untuk mengetahui secara lengkap bagaimana menjaga kesehatan anak. Berikut ini sejumlah tips menjaga kesehatan anak ala Dokter Reisa. 

1. Pola Makan Sehat

Cara paling utama dalam menjaga kesehatan anak menurut Dokter Reisa adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Terlebih, kedua anaknya sama-sama memiliki alergi sehingga asupan merupakan prioritas untuk diperhatikan. 

“Saya masih in charge apa makanan anak saya. Walaupun gak bisa masakin day to day, tapi saya belanja dan saya yang bacain komposisi makanannya. Termasuk bagaimana cara mengolahnya saya yang arrange,” ungkap Dokter Reisa, saat ditemui HerStory di The Westin, Jakarta. 

Dokter Reisa menegaskan, banyak jenis makanan yang gak bisa dikonsumsi kedua anaknya akibat alergi. 

“Ania alergi cokelat, keju, bahkan alergi beberapa buah dan sayur termasuk tomat. Dia juga alergi seafood, ayam, telur, dan masih banyak lagi. Makanannya dari pagi sampai malam saya siapkan dari rumah,” tuturbya. 

Gak cuma makanan, Dokter Reisa turut memberikan suplemen tambahan kepada anaknya untuk membantu menjaga imunitas sehingga tak mudah terserang penyakit. 

2. Gak Membatasi Aktivitas Anak

Menurut Dokter Reisa, jika anak menunjukkan minatnya, Moms baiknya jangan membatasi aktivitas si kecil dan biarkan mereka mengeksplor apa yang disukainya. 

“Jadi misalnya dari sekolah seimbang gak harus otak berpikir kerja terus, aktivitas fun nya juga ada. Tapi ada juga yang di sekolah kan udah mikir terus tuh, jadi di luar akademik mareka belajar piano. Kebetulan dua duanya suka alat musik,” katanya.

3. Bonding Time

Selain kebutuhan fisik, seperti pola makan dan memerhatikan minat, kesehatan anak juga dipengarungi oleh didikan orangtua. 

Dokter Reisa mengatakan, meski memiliki segudang kesibukan, seorang Moms harus memiliki waktu berkualitas dengan anak. 

“Setiap hari aku punya waktu untuk quality time sama anak-anak. Jadi ada waktu intens untuk aku berbagi sama mereka. Kalau anak aku waktu (bonding-nya) berbeda. Ania itu prefer pas dia habis makan atau udah habis waktu bermain. Kalau adiknya Yoda bonding time nya waktu mau tidur karena lebih enak ngobrolnya,” tutupnya.