Menu

Mengapa ASI Penting untuk Perkembangan Bayi? Simak Sederet Manfaatnya di Sini Moms, Ternyata...

24 Mei 2023 09:02 WIB

Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui anaknya. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) pada si kecil sangat penting karena memiliki manfaat yang dahsyat. Ya, selain untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil, ASI memiliki segudang manfaat yang luar biasa dahsyat.

Apa saja? Berikut sederet manfaat ASI untuk perkembangan si kecil, seperti dilansir dari laman Hello Sehat, Rabu (24/5/2023).

1. Meningkatkan kecerdasan bayi

ASI diketahui dapat membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada otak bayi. Dalam Journal of Korean Medical Science misalnya, kecerdasan bayi yang diberi ASI ternyata lebih baik dibanding bayi yang tidak meminum ASI.

2. Berpengaruh pada imunitas

Berikutnya ASI dipercaya membantu membentuk imunitas pada bayi. Ini karena ASI memang mengandung sejumlah antibodi, sel darah putih, dan Immunoglubulin A, khususnya pada cairan ASI pertama atau lebih dikenal dengan kolostrum.

Antibodi ini akan membantu bayi melawan serangan virus, bakteri, kuman, maupun patogen penyebab penyakit lainnya.

3. Cegah obesitas

Meski kadang bayi menyusu setiap waktu, tak perlu khawatir ASI akan membuat obesitas. Sebaliknya, ASI justru membantu menjaga berat badan menjadi tetap pada posisi yang ideal.

 4. Kaya akan kandungan gizi

Kandungan ASI meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Salah satu bagian terbaik dari ASI adalah kolostrum, yakni cairan pertama ASI yang keluar.

Itulah beberapa manfaat ASI untuk si kecil. Dahsyat ya Moms. Semangat Meng-ASI-hi si kecil ya Moms.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari